Menyusuri 5 Gua Terindah di Jawa, Panoramanya Unik dan Eksotis!

Keindahan alam Indonesia tak hanya bisa dinikmati di pantai dan gunungnya. Kamu pun dapat mengunjungi salah satu guanya untuk mengagumi kecantikannya yang tak kalah dengan gua-gua eksotis lain di luar negeri.

Berikut lima gua di Indonesia yang bisa menjadi destinasi liburanmu selanjutnya.

1. Gua Gong

Kabupaten Pacitan yang berjuluk Kota 1.001 Gua ini memang menyimpan gua yang sangat banyak, namun hanya beberapa saja yang baru dikembangkan sebagai destinasi wisata. Sebut saja Gua Gong di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, yang dinamai demikian karena salah satu batu di dalamnya bila dipukul akan mengeluarkan suara menggema seperti gong.

Berhiaskan stalaktit dan stalagmit dengan diterangi lampu warna-warni, interior gua ini juga dilengkapi jalur berjalan dengan tangga dan pengaman. Saking cantiknya, gua ini disebut-sebut sebagai salah satu yang tercantik se-Asia Tenggara. Dari pusat kota Pacitan, Goa Gong ini terletak sekitar 21 kilometer jauhnya, atau dapat dicapai dengan 40 menit berkendara via Jalan Nasional III.

Tiket masuk: Rp15.000 per orang
Jam operasional: pukul 07:00-16:00

2. Gua Jatijajar

Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah memang menawarkan banyak wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah Gua Jatijajar yang terletak di Desa Jatijajar, sekitar 45 kilometer dari pusat kota Kebumen.

Terbentuk dari batuan kapur, gua sepanjang 250 meter ini telah direnovasi beberapa kali dan ditambahkan beberapa fasilitas, termasuk jalan setapak yang dilengkapi pagar pembatas, serta ornamen alam di beberapa sudutnya. Di sekeliling gua ini juga terdapat taman tempat pengunjung dapat melepas lelah sembari menikmati kesejukan udara dan pemandangan sekitar.

Tiket masuk: Rp12.500 per orang
Jam operasional: pukul 07:30-16:00

3. Gua Pindul

Bila dua gua sebelumnya bisa disusuri dengan berjalan kaki, lain lagi dengan Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Gunungkidul, sekitar 1,5 jam berkendara dari pusat kota Yogyakarta. Gua ini dialiri sungai bawah tanah, sehingga untuk memasukinya, kamu dapat melakukan cave tubing atau menggunakan ban pelampung.

Foto: Instagram @utitralalatrilili

Di dalam gua, kamu tak hanya dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit, namun juga menyaksikan sinar matahari yang menerobos masuk dari atap gua yang menganga lebar, sehingga pemukaan gua yang eksotis pun dapat terlihat lebih jelas.

Tiket masuk: Rp40.000 per orang
Jam operasional: pukul 07:00-17:00

4. Gua Jomblang

Masih di Kabupaten Gunungkidul, ada satu lagi gua yang tak kalah menarik untuk disusuri, yakni Gua Jomblang. Untuk memasukinya, kamu mesti menuruni tebing setinggi 60 meter terlebih dahulu dengan single rope technique (SRT), kemudian memasuki mulut gua yang berukuran raksasa dan menelusuri lorong gelap sepanjang 300 meter yang berhiaskan batu kristal, stalaktit, dan stalagmit.

Di ujung perjalanan, kamu dapat melihat sinar matahari yang menerobos dari ketinggian 90 meter membentuk tiang cahaya dramatis yang menyinari flowstone dan bagian dalam gua. Saking indahnya, banyak yang menyebut lukisan alam ini bak cahaya surga.

Tiket masuk: Rp500.000 per orang, sudah termasuk peralatan caving, asuransi, pemandu lokal, dan makan siang
Jam operasional: pukul 09:00-14:00

5. Gua Terawang

Kabupaten Blora, Jawa Tengah juga memiliki gua yang pemandangannya mirip Gua Jomblang. Terletak di tengah hutan jati yang asri, gua yang terbentuk dari endapan batu kapur ini memiliki lubang-lubang di langit-langitnya, sehingga cahaya matahari pun dapat masuk melaluinya dan menghasilkan foto siluet yang sangat indah.

Berada di Desa Kedung Wrungu, gua ini dapat dicapai dengan satu jam berkendara dari pusat kota Blora. Bila dari Semarang, kamu bisa melalui rute Semarang-Purwodadi-Wirosaei. Akses jalanan kemari sudah baik, dan di sepanjang perjalanan, kamu bakal mendapati pepohonan jati yang berjajar rapi.

Tiket masuk: Rp7.000 per orang
Jam operasional: pukul 08:00-17:00

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here