Seru! Tangsel Miliki Jalur Road Bike hingga Mountain Bike yang Menantang

0
3828
Cihuni Hill Park (Foto: Dok. Google Maps JosN)

Bukan hanya tren semata, bersepeda di masa normal baru merupakan solusi alternatif untuk menghindari penggunaan transportasi massal. Selain itu, bersepeda dinilai sebagai aktivitas yang minim risiko terpapar virus dan dapat menjaga imunitas pesepeda.

Kini, tak hanya jalanan Jakarta yang marak dengan pesepeda, kawasan Tangerang Selatan pun makin ramai dengan aktivitas gowes. Kamu yang berkediaman sekitar Tangerang Selatan atau ingin menjajal trek baru, dapat mencoba empat rute gowes bervariasi di kawasan ini, mulai dari jalur road bike hingga mountain bike.

1. Jalur Bintaro

Bagi pengendara road bike atau mereka yang ingin bersepeda santai tanpa trek kasar, susuri jalur Bintaro yang ramah. Genjot sepeda menyusuri Bintaro Loop atau sering disebut Binloop, yaitu jalur pedestrian dan sepeda yang lebar, yang dimulai dari Stasiun Jurang Mangu/BXc Mall hingga underpass Serpong-Kunciran.

Jalur Bintaro (Foto: Dok. Google Maps/Dhi Ya)

Jalur sepeda yang aman dan nyaman ini memiliki jarak tempuh 12 kilometer, dengan trek beraspal yang datar. Binloop sering diramaikan dengan komunitas sepeda yang doyan menjajal rute yang terbentang di Jalan Boulevard Bintaro Jaya.

2. Jalur Alam Sutera

Kompleks perumahan merupakan jalur sepeda yang nyaman, terutama bagi mereka yang ingin menjauh dari kepadatan lalu lintas. Sama seperti Bintaro Jaya, perumahan Alam Sutera memberi kenyamanan saat gowes dengan menghadirkan jalur beraspal yang mulus dan menyejukkan karena ditumbuhi pepohonan rindang di kiri-kanan jalan.

Jalur Alam Sutera (Foto: Instagram @puspamundingsari)

Alam Sutera Loop adalah rute melingkar populer di sini, yang bermula dari mal Living World di Jalan Alam Sutera Boulevard hingga Sport Club Alam Sutera. Dengan jarak tempuh empat kilometer, kamu dapat menambah rintangan dengan menjajalnya dalam beberapa kali putaran.

3. Jalur Pipa Gas (JPG)

Mereka yang suka trek menantang, menyingkirlah dari jalanan beraspal dan jajal Jalur Pipa Gas yang berada di antara Bintaro Sektor IX dan BSD Sektor XIV, tepatnya di Desa Lengkong Gudang Timur. Disingkat JPG, jalur yang sudah eksis sejak 1995 ini dinamai demikian karena keberadaannya di atas pipa gas bawah tanah.

Semakin banyak yang bersepeda, membuat JPG makin sering dijajal bagi penggemar sepeda gunung. Trek tanah sepanjang 6,5 kilometer yang viral di media sosial ini akan membawa pesepeda mengitari desa, hutan bambu, sawah, dan ladang.

Jalur Pipa Gas (Foto: Dok. Google Maps/Nadine & Fattah Arisandi)

Ada dua lintasan di JPG, yaitu lintasan wisata dan lintasan teknikal. Lintasan wisata dapat dinikmati pesepeda pemula, termasuk anak-anak, sedangkan lintasan teknikal ideal bagi mereka yang sudah berpengalaman.

4. Jalur Cihuni Hill Park

Berlokasi di sekitar Bumi Serpong Damai, tepatnya di Desa Cijantra, jalur sepeda ini disebut Gunung Batu oleh warga setempat. Sama seperti Jalur Pipa Gas, jalur Cihuni juga cocok bagi mereka doyan gowes off-road dan sudah tenar di kalangan pengguna mountain bike sejak 2010.

Awalnya terdapat tiga jalur bersepeda di sini, yakni Cihuni Hill Park 1, Cihuni Hill Park 2, dan Cihuni Hill Park 3. Namun, karena pesatnya pembangunan perumahan di sekitar lokasi, kini hanya menyisakan Cihuni Hill Park 1.

Jalur Cihuni Hill Park (Foto: Dok. Google Maps/Citra Setyanto)

Trek Cihuni Hill Park 1 ini memang dimodifikasi agar lebih menantang dengan jarak tempuh sekitar tiga kilometer. Walau termasuk jalur pendek dengan pemandangan pepohonan, ladang, dan perkebunan, adrenalin akan terpacu maksimal ketika disuguhi trek-trek ekstrem dengan tanjakan dan turunan yang berliku.

Teks: Priscilla Picauly | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here