PSBB Transisi, Pulau Peucang Jadi Pilihan Warga Jakarta untuk Lewatkan Liburan

Meski di Jakarta sedang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat, warganya tak kehabisan akal untuk melewatkan akhir pekan di destinasi pilihan yang lokasinya masih mudah dijangkau. Sebut saja Pulau Peucang.

Pulau mungil yang terletak di sisi barat Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) ini memang sudah dibuka untuk wisatawan sejak Agustus 2020 lalu, walaupun tetap dengan sejumlah protokol kunjungan yang ketat, seperti membatasi jumlah penumpang di dalam kapal. Namun, hal ini tak membuat surut semangat wisatawan.

“Ya, yang paling ramai saat ini ke Peucang,” kata Ayke, Marketing explorer.id, saat dikonfirmasi Getlost.id. Tak heran, karena liburan ke pulau ini dapat dilakukan dalam durasi singkat. Terlebih, situs penyedia paket wisata ini juga menawarkan open trip ke Peucang setiap akhir pekan dengan keberangkatan setiap Jumat malam. Dengan demikian, kamu yang sudah kembali bekerja di kantor di masa PSBB Transisi pun tetap dapat mengikuti trip ini.

Biaya trip berdurasi 3 hari 2 malam ini Rp750.000 per orang, sudah termasuk transportasi pp dari Jakarta ke Dermaga Sumur, sewa kapal selama 2 hari, menginap di homestay, makan 5 kali (sarapan 2 kali, makan siang 2 kali, makan malam 1 kali), kopi dan teh selama trip, tiket masuk dan asuransi TNUK, pemandu wisata, serta dokumentasi foto dengan kamera DSRL atau mirrorless serta underwater dengan GoPro (soft copy dikirimkan via Google Drive).

“Kalau tidak membawa alat snorkeling, bisa sewa Rp50.000 per set per orang. Kalau mau berkano juga bisa, sekitar Rp50.000 biayanya,” jelas Ayke.

Berikut detail perjalanan ke Peucang selama 3H/2M.

HARI 1

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keberangkatan trip ini adalah di malam hari, sehingga bagi yang masih bekerja, masih ada beberapa jam untuk bersiap-siap sebelum berkumpul di meeting point (Bakmi GM Jalan Sunda No. 9, Menteng, Jakarta Pusat) pukul 21:30. Pukul 22:00, perjalanan pun dimulai dengan tujuan ke Dermaga Sumur di Kabupaten Pandeglang, Banten.

HARI 2

Perkiraan tiba di Dermaga Sumur adalah pukul 05:00, dan setibanya, langsung persiapan berangkat menuju Pulau Peucang. Pukul 06:00, kamu akan naik kapal untuk menuju Pulau Peucang dengan sarapan disediakan di kapal.

Pemandangan dari Pantai Karang Copong

Sekitar pukul 09:00, kamu bisa check-in dahulu di homestay, sebelum melakukan trekking menuju Pantai Karang Copong melewati hutan tropis dengan sesekali dapat melihat satwa liar seperti rusa, monyet, ayam hutan, dan merak hijau. Tempat ini terutama difavoritkan wisatawan untuk menikmati pemandangan laut lepas dengan hamparan karang di sekitaran pantainya.

Siangnya, kamu dapat beristirahat sejenak dan makan siang, sebelum bersiap-siap untuk snorkeling. Spot snorkeling pertama adalah di Ciapus. Dengan kedalaman rata-rata 2-5 meter, spot yang menawarkan beraneka ragam ikan karang ini dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama menyelami keindahannya.

Keindahan bawah laut di perairan sekitar Peucang (Foto: Instagram @vickymaranata)

Dari sini, kamu akan diantar ke spot snorkeling berikutnya di Sumino. Lokasinya cukup dekat dari Pulau Peucang, sehingga tanpa naik kapal pun kamu dapat berenang sekitar 20-30 meter dari pantai untuk menikmati taman bawah laut yang indah di sini dengan berbagai jenis terumbu karang dan ikan warna-warni.

Padang Penggembalaan Cidaon

Usai snorkeling, sempatkan diri mampir ke Padang Penggembalaan Cidaon. Atraksi utama di sini adalah sabana yang merupakan tempat berkumpulnya hewan-hewan liar penghuni hutan Ujung Kulon untuk mencari makan.

Sorenya, kamu diajak menikmati sunset dengan mengitari Karang Copong dari atas kapal. Setelah itu, kembali ke homestay untuk mandi dan bersiap makan malam.

Makan malam dengan ikan bakar akan disajikan sekitar pukul 19:00. Setelah itu, acara bebas, dan kamu bisa beristirahat setelah seharian beraktivitas.

HARI 3

Hari ini, kamu dapat bangun lebih pagi, yakni sekitar pukul 05:00, untuk menikmati sunrise dari dermaga Pulau Peucang. Sekembalinya ke homestay, kamu dapat sarapan dan bersiap-siap check-out.

Sungai Cigenter (Foto: Instagram @yostiafitri)

Pukul 07:00, kamu akan diantar menuju Sungai Cigenter. Di sini, kamu dapat menyusuri sungai yang kerap berjuluk Amazonnya Indonesia dengan naik kano. Kegiatan ini opsional, namun sayang bukan, bila sudah jauh-jauh ke sini tak sekalian berkano menyusuri sungai cantik yang masih alami dan terawat ini?

Usai menyusuri sungai, kamu dapat kembali snorkeling di spot berikutnya, yakni di Pulau Badul. Pulau mungil yang tak berpenghuni ini tak hanya menawarkan hamparan pasir putih yang cantik, namun perairan pirus di sekitarnya juga menarik diselami dengan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Pulau Badul

Puas snorkeling, kamu dapat kembali ke kapal untuk makan siang dan perjalanan menuju Dermaga Sumur. Setibanya, kamu dapat membersihkan diri terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan darat kembali ke Jakarta.

Tertarik ke Peucang untuk liburan akhir pekan ini? Kamu dapat memesan trip ini di explorer.id dengan beberapa tanggal keberangkatan pilihan, yakni 20 November, 27 November, 4 Desember, 11 Desember, 18 Desember, 25 Desember, dan 1 Januari.

Kamu juga bisa memilih hari lain selain Jumat, dengan tanggal keberangkatan 23 Desember (Rabu), 24 Desember (Kamis), 26 Desember (Sabtu), 27 Desember (Minggu), 28 Desember (Senin), 29 Desember (Selasa), 30 Desember (Rabu), dan 31 Desember (Kamis). Untuk reservasi, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here