Minat Gowes Tinggi, Salonpas Gelar Sport Virtual Ride

Kegiatan gowes yang semakin diminati kala pandemi membuat Salonpas kemudian menggelar ajang olahraga bertajuk Salonpas Virtual Ride 2020 yang berlangsung mulai 20 November hingga 6 Desember 2020.

Harapannya, para penggemar sepeda dapat terus terpacu untuk mengasah kemampuannya melalui lomba dengan total jarak 100 kilometer ini, sambil tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti menjaga jarak antara satu dengan yang lain, serta menghindari bersepeda dalam kelompok besar.

Bertema “Challenge Yourself to Keep Moving”, ajang gowes yang digelar secara virtual ini didukung oleh platform VRace dari SportHeroes. Dengan demikian, para peserta dapat mulai bersepeda dengan jarak total 100 kilometer selama periode lomba berlangsung di mana pun, baik di dalam maupun luar Indonesia.

Desy Setiarini selaku Product Manager Salonpas Sport Indonesia berharap ajang ini juga dapat sekaligus memberikan edukasi bahwa olahraga tidak boleh memaksakan diri. “Harus melakukan pemanasan, dan selalu tahu kapan harus istirahat, serta tetap mematuhi protokol kesehatan.”

Ia juga menambahkan, “Semoga event ini juga bisa menjadi inspirasi untuk para pesepeda pemula, bahwa bersepeda 100 kilometer bukanlah hal yang tak mungkin dijalani, asal dilakukan dengan benar.”

Adapun kategori lomba ini ada tiga. Pertama, ada kategori Fun yang mengharuskan peserta menyelesaikan perjalanan berjarak 100 kilometer dalam 9 aktivitas bersepeda (8 kali bersepeda 10 kilometer dan 1 kali bersepeda 20 kilometer).

Lalu, ada kategori Move, dengan perjalanan berjarak 100 kilometer dalam 6 aktivitas bersepeda (5 kali bersepeda 15 kilometer dan 1 kali bersepeda 25 kilometer).

Terakhir, ada kategori Unstoppable, di mana untuk jarak tempuh 100 kilometer, harus diselesaikan dalam 3 kali bersepeda, dengan 2 kali bersepeda 30 kilometer dan 1 kali bersepeda 40 kilometer.

“Pilihlah kategori yang sesuai dengan kemampuan. Jangan lupa set up sepeda yang baik, melakukan teknik bersepeda yang benar, jaga fleksibilitas dan mobiliitas sendi dan alat gerak, serta tahu kapan harus istirahat,” saran dr. Sophia Hage, SpKO, yang terkenal sebagai dokter kesehatan olahraga dan hadir dalam ajang konferensi pers Salonpas Sport Virtual Ride 2020, Selasa (3/11/2020).

Demi memastikan para peserta sudah melakukan persiapan yang baik sebelum mengikuti ajang tersebut, Salonpas juga sudah bekerja sama dengan Runhood Performance untuk menyediakan coaching clinic gratis sebanyak tiga kali. Pelatihnya sendiri adalah Johnny Tieu, pelatih fisik kelas dunia dengan segudang pengalaman di Amerika Serikat dan Hong Kong.

Untuk mencatat dan melaporkan jarak tempuh yang sudah diselesaikan, para peserta dapat memanfaatkan smart trainer yang terhubung dengan berbagai aplikasi. Sebut saja Garmin, Suunto, Polar, RunKeeper, MapMyRun, Ride, Walk, dan UnderArmour.

Jangan sampai ketinggalan ya, karena pendaftaran hanya dibuka sampai hari ini saja via laman ini dengan biaya Rp250.000. Satu akun email hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan diri satu akun peserta.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here