Festival Film Europe on Screen Kembali Digelar Bulan Ini, Catat Tanggalnya

0
3719

Festival film asing Europe on Screen (EoS) akan kembali digelar untuk yang ke-20 kalinya tahun ini mulai 16 hingga 30 November. Karena masih pandemi, gelaran kali ini pun akan hadir secara daring, namun dengan tetap menghadirkan serangkaian film Eropa kontemporer terbaik.

Total ada 40 film panjang dari 25 negara Eropa dan 1 kompilasi film pendek pemenang kompetisi Short Film Pitching Project (SFPP) 2019 yang dapat kamu nikmati secara nyaman dari layar televisi, tablet, atau perangkat elektronik lainnya di rumah.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah festival, seluruh pemutaran film diselenggarakan secara virtual dalam platform daring untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini,” kata Vincent Piket, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dalam siaran resmi, Senin (2/11/2020).

“Tetapi, kami akan memberikan kompensasi dengan menyajikan pilihan film terbaik dan terbaru Eropa,” tambahnya. Dengan demikian, festival film daring ini pun tak hanya dapat dinikmati warga ibu kota dan sekitarnya, namun seluruh masyarakat Indonesia, di mana pun dan kapan pun.

Tertarik menonton? Kamu dapat membuat akun di situs Festival Scope terlebih dahulu. Situs ini secara khusus digunakan untuk menggelar festival film secara daring, dan pernah dipakai oleh sejumlah festival film internasional dunia, seperti Venice Film Festival. Nantinya, tiket akan tersedia secara gratis di hari pemutaran dengan kuota terbatas untuk setiap filmnya.

Foto: Instagram @europeonscreen

Untuk film pembuka, EoS akan menghadirkan “Swoon”, film drama Swedia karya sutradara Måns Mårlind dan Björn Stein. Dirilis Februari 2019, film pemenang penata musik dan penata kostum terbaik dalam ajang Guldbagge Awards 2020 ini terinspirasi oleh sejarah taman hiburan Grona Lund di Stockholm.

EoS kemudian akan ditutup dengan “How About Adolf?”, film komedi Jerman besutan sutradara Sönke Wortmann yang mendapatkan nominasi film terbaik dalam ajang Film Festival Cologne 2018.

“How About Adolf?” (2018)
Selain menampilkan film-film Eropa, EoS juga telah menggelar kompetisi Short Film Pitching Project (SFPP) 2020, di mana para pembuat film yang mendaftarkan ide cerita film pendek mereka akan berkesempatan memenangkan dana produksi parsial dari EoS.

“Kami sudah memilih sembilan finalis dan mereka akan mempresentasikan idenya di depan para juri secara daring untuk dipilih tiga pemenang,” kata Meninaputri Wismutri, festival co-director EoS. Penjurian ini dapat kamu saksikan pada 23-24 November 2020 secara daring.

Foto: Instagram @europeonscreen

Tak hanya itu, EoS pun menawarkan rangkaian acara pra-festival dengan menggelar sejumlah webinar dan lokakarya bersama para praktisi perfilman Eropa secara daring. Mulai 9 sampai 12 November 2020, ada lokakarya menulis skenario film bersama Domenico La Porta, penulis skenario dan editor utama situs data film Cineuropa. Sementara pada 13 November 2020, kamu bisa menonton webinar “Membuat Festival Film di Masa Pandemi” bareng Festival Scope.

Untuk jadwal lengkapnya, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani