Tren Wisata Saat Pandemi, Turis Cari Akomodasi Aman dan Higienis

Meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, wisatawan kini sudah tak sabar untuk bepergian lagi. Namun, mereka membutuhkan kepastian akan pelaksanaan tindakan kebersihan dan keamanan di hotel dan jenis akomodasi lainnya. Temuan ini diungkapkan oleh Agoda, yang baru-baru ini melakukan survei terhadap lebih dari 2.300 responden di delapan negara.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa disinfeksi kamar setiap harinya merupakan hal yang paling disoroti oleh wisatawan saat memesan akomodasi. Tak hanya itu, wisatawan juga berharap hotel dan penyedia akomodasi lain menerapkan disinfeksi di area umum, seperti lobi dan restoran, setiap harinya.

Tindakan kebersihan dan keamanan lain yang masuk dalam urutan lima besar adalah menyediakan daftar standar kebersihan yang diterapkan di hotel, menyediakan perlengkapan kebersihan pribadi (masker, sarung tangan, dan lainnya), serta memiliki sertifikasi kebersihan dari pemerintah setempat.

Studi ini sendiri dilakukan saat Agoda meluncurkan HygienePlus, fitur verifikasi baru yang menginformasikan kepada wisatawan langkah-langkah kesehatan dan kebersihan yang diterapkan oleh penyedia akomodasi di platform perjalanannya.

Fitur ini dirancang untuk memberikan rasa aman bagi wisatawan karena mereka dapat dengan mudah mengidentifikasi hotel atau rumah liburan mana saja yang telah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan.

Beberapa di antaranya adalah memeriksa suhu tubuh staf dan tamu, menerapkan check-in dan check-out tanpa kontak, melakukan disinfeksi harian di kamar maupun di area lain di dalam properti, menyediakan masker, menawarkan hand sanitizer untuk tamu, mengatur tempat duduk di restoran agar tetap dalam jarak aman, memasang papan penunjuk atau sejenisnya untuk mengingatkan tamu agar selalu menjaga jarak fisik dengan tamu lain, dan sebagainya.

Bagi wisatawan dari Korea Selatan, Taiwan, dan Thailand, disinfeksi kamar harian menempati urutan teratas daftar prioritas. Sedangkan wisatawan dari Taiwan, Amerika Serikat, Thailand, Australia, dan Arab Saudi memprioritaskan disinfeksi harian di area umum sebagai tindakan terpenting yang harus diterapkan penyedia akomodasi.

Dari segi usia, wisatawan dalam kategori usia 18 hingga 24 tahun cenderung memprioritaskan disinfeksi kamar harian. Sedangkan disinfeksi harian di area umum adalah tindakan kebersihan paling penting bagi responden global usia 35 hingga 44 tahun.

Menyediakan daftar standar kebersihan yang diterapkan di hotel merupakan hal yang paling dicari wisatawan Thailand dan Taiwan sebelum memesan akomodasi, selain juga ukuran kebersihan terpenting bagi wisatawan usia 18 hingga 24 tahun di seluruh dunia.

Hotel yang menyediakan perlengkapan kebersihan pribadi (masker, sarung tangan, dan lainnya) paling dicari oleh wisatawan Indonesia, Arab Saudi, dan Vietnam. Menariknya, berbeda dari tren global, hanya wisatawan Indonesia yang menganggap sertifikasi kebersihan dari pemerintah sebagai salah satu dari tiga hal yang paling dicari saat memesan akomodasi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here