5 Kuil dengan Arsitektur Mengagumkan di Delhi

Sebagai bagian dari Golden Triangle, Delhi menarik wisatawan sebagai salah satu kota tertua di dunia dengan usia yang diperkirakan mencapai lebih dari 5.000 tahun, hampir sama tuanya dengan Yerusalem dan Varanasi. Merupakan kota terpadat di dunia setelah Tokyo, di sini juga tempat tiga Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO berada.

Selain bertamu ke Red Fort, Humayun’s Tomb, dan Qutb Minar, Delhi adalah rumah bagi belasan kuil suci dengan rupa menawan dan arsitektur memukau. Kuil-kuil terbaik di Delhi mewakili berbagai agama dan ajaran, yang terbuka bagi pengunjung umum selama berpakaian sopan dan tidak sembarang memotret. Inilah beberapa rekomendasi kuil terbaik di ibu kota India.

  • Swaminarayan Akshardham

Swaminarayan Akshardham adalah kompleks kuil Hindu terbesar di dunia dan salah satu atraksi utama di Delhi. Bangunan ini didedikasikan untuk menampilkan budaya India yang dibangun selama lima tahun oleh organisasi spiritual, BAPS Swaminarayan Sanstha dan lebih dari 8.000 sukarelawan.

Di sentra kompleks terdapat candi utama yang megah, terbuat dari batu pasir dan marmer yang diukir rumit, dengan sembilan kubah berornamen menakjubkan, serta lebih dari 200 pilar dan 20.000 patung. Saking besarnya kompleks kuil, pengunjung bisa menghabiskan hingga setengah hari untuk menikmati kecantikan Swaminarayan Akshardham. Direkomendasikan untuk berkunjung saat senja karena kuil akan menampilkan pertunjukan laser dan air.

  • Lotus Temple

Lotus Temple yang ikonik merupakan bangunan sakral milik penganut kepercayaan Baha’í, yang berasal dari Iran. Ajaran ini memiliki misi untuk menciptakan persatuan dunia dengan menghilangkan semua prasangka, termasuk ras dan jenis kelamin.

Kuil ini selesai dibangun pada 1986 dengan sembilan sisi yang dibentuk oleh 27 kelopak marmer, yang disusun dalam tiga kelompok, menyerupai bunga teratai. Kuil yang dapat menampung hingga 2.500 orang ini dibuat dari marmer yang berasal dari Yunani, tepatnya Gunung Penteli, yang juga banyak digunakan bangunan sakral lainnya.

  • Gurudwara Bangla Sahib

Gurudwara Bangla Sahib adalah kuil Sikh terbesar dan paling terkemuka di Delhi, yang terletak dekat Connaught Place. Kuil ini awalnya berperan sebagai kediaman abad ke-17 dari Mirza Raja Jai ​​Singh, raja dan komandan tentara Mughal. Guru Sikh ke-8, Guru Har Krishan juga mendiami kuil ini.

Yang menarik adalah kuil ini memberi makan lebih dari 10.000 orang setiap hari, gratis. Banyak relawan diperbantukan untuk mempersiapkan makanan di dapur komunitas. Gurudwara Bangla Sahibini buka 24 jam, namun kunjungilah saat matahari terbit dan terbenam yang menambah kecantikannya.

  • ISKCON Temple

Lebih dikenal sebagai Sri Radha Parthasarathi Mandir, kuil ini dimiliki International Society for Krishna Consciousness atau gerakan Hare Krishna. ISKCON Temple didedikasikan bagi Dewa Krishna (inkarnasi Dewa Wisnu yang kuat) dan istrinya Radharani dalam bentuk Radha Parthasarathi.

Peziarah mengunjungi kuil ini untuk menyaksikan aarti (upacara pemujaan) yang berlangsung beberapa kali dalam sehari dan bhajan (nyanyian pujian) yang mengangkat semangat. Ruangan doanya didesain menyerupai bunga teratai dan didekorasi dengan lukisan bertema religius.

  • Shri Digambar Jain Lal Mandir

Berlokasi dekat Red Fort di Chandni Chowk, Shri Digambar Jain Lal Mandir (Kuil Merah) adalah kuil Jain tertua dan paling terkenal di Delhi. Kuil ini didirikan selama era Mughal untuk pedagang Jain dan perwira tentara, meskipun struktur bangunannya saat ini berasal dari abad 19.

Area pemujaan di dalam kuil dihiasi ornamen emas dan memiliki model miniatur yang spektakuler tentang Jainisme. Saat mengunjungi Shri Digambar Jain Lal Mandir, semua barang berbahan kulit, seperti ikat pinggang harus dilepas sebelum masuk. Aturan ini sesuai dengan kepercayaan Jain yang menentang kekerasan, termasuk tidak membunuh hewan.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here