Kastel Irlandia Ini Jadi Lokasi Syuting Film Baru Matt Damon

Kastel bersejarah di Tipperary, Irlandia menjadi latar terbaru untuk film Hollywood yang dibintangi oleh Matt Damon, Ben Affleck, Adam Driver, dan Jodie Comer.

Dibangun tahun 1412, Cahir Castle merupakan salah satu kastel terbesar dan terbaik di Irlandia. Terletak di tepi Sungai Suir, kastel yang penampakannya bagai istana dalam kisah-kisah dongeng ini sering dikira sebagai set lokasi film, padahal merupakan kastel sungguhan yang didirikan oleh Conor O’Brien, raja kedua yang terakhir memerintah Thormond.

Kastel ini memang pernah beberapa kali ditampilkan di sejumlah film dan serial televisi, termasuk “Excalibur” dan “The Tudors”. Kini, kastel tersebut diubah menjadi istana Prancis abad pertengahan untuk film terbaru Matt Damon yang berjudul “The Last Duel”.

Dibuat berdasarkan kisah nyata, film yang berlatar abad 14 di Prancis ini mengisahkan seorang wanita yang mengaku telah diperkosa oleh sahabat suaminya. Karena tidak ada yang mempercayai tuduhannya, suaminya menantang sahabatnya untuk berduel sampai mati.

Petarung mana pun yang masih hidup di akhir duel akan dinyatakan sebagai pemenang sebagai tanda kehendak Tuhan. Bila sang suami kalah dalam duel, istrinya akan dibakar sebagai hukuman atas tuduhan palsunya. Duel ini sendiri menjadi duel terakhir yang disetujui secara hukum dalam sejarah Prancis.

Foto: Dok. Niall Carson/PA Media

Matt Damon akan berperan sebagai sang suami, Jean de Carrouges, sementara Jodie Comer sebagai sang istri, Adam Driver sebagai sahabat Carrouges, Jacques Le Gris, dan Ben Affleck sebagai King Charles VI. Disutradarai oleh Ridley Scott, syuting film ini sendiri sudah dilakukan di Prancis, tepatnya di kastel abad pertengahan Berzé-le-Châtel, sebelum dipindahkan ke Irlandia pada awal tahun.

Namun, Disney mesti menunda syuting selama beberapa bulan sejak Maret karena pandemi Covid-19. Karena itulah kemudian Matt Damon melewatkan masa lockdown di Dalkey, salah satu desa tercantik di Irlandia, bersama keluarganya. Kini, syuting tersebut dapat dilanjutkan dengan beberapa foto yang memperlihatkan para artis dan kru yang mengenakan masker dan face shield untuk melindungi diri dari virus corona.

Foto: Dok. Niall Carson/PA Media

Cahir Castle sangatlah ideal sebagai latar film drama thriller ini dengan dinding besar dan parit yang mengeliling kastel tersebut, serta sejumlah menara. Tak hanya itu, kastel ini bahkan memiliki perapian asli dan penjara bawah tanah.

Awalnya didirikan untuk melindungi perikanan salmon dan penyeberangan sungai yang penting, kastel ini dibangun agar tidak bisa ditembus dengan beberapa lapis pertahanan yang tangguh, sampai munculnya meriam berat. Kastel ini berhasil direbut oleh Earl of Essex pada 1599 yang menghancurkan dinding kastel dengan tembakan meriam. Hingga kini, bekas bola meriam tersebut masih bersarang di dinding menara timur laut.

Kastel ini sekarang berada di bawah kepemilikan negara dan biasanya terbuka untuk umum, dengan menawarkan tur berpemandu dan pertunjukan audiovisual dalam berbagai bahasa. Namun, kastel itu ditutup sementara untuk memfasilitasi pembuatan film “The Last Duel”, yang tanggal rilisnya telah diundur menjadi Oktober 2021 karena adanya jeda dalam pembuatan film.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here