Mengagumi Reruntuhan Romawi Kuno Volubilis di Meknes, Maroko

Bila ingin beranjak dari keriuhan Fez, cobalah berkunjung ke Meknes yang menawarkan suasana lebih tenang. Dapat dikunjungi secara day trip dari Fez dengan naik kereta selama 40 menit, salah satu alasan terbesar datang ke Meknes adalah untuk berkunjung ke reruntuhan bangunan peninggalan Romawi kuno bernama Volubilis, yang berjarak 30 kilometer dari pusat kota.

Merupakan bukti autentik bahwa bangsa Roma Kuno pernah menetap di Maroko, reruntuhan kuno ini tak hanya populer sebagai atraksi wisata di Meknez, namun bahkan Maroko. Tak heran, karena berada di sini bakal membuat pengunjung takjub dan seketika membayangkan kebesaran bangsa Roma masa silam.

Menerima kunjungan tiap harinya mulai pukul 08:30 hingga satu jam sebelum senja, beberapa bagian dari reuntuhan ini ada yang disimpan dan dipajang di Archaeological Museum di Rabat. Sementara mozaik khas Roma pada lantai masih tersimpan dengan apik di situs ini.

Dari sini, Anda dapat sekalian memadukan kunjungan ke kota suci Moulay Idriss Zerhoun yang didirikan Moulay Idriss el Akhbar, cicit dari Nabi Muhammad. Dapat dicapai dengan berkendara selama 10 menit dari Volubilis, Moulay Idriss Zerhoune dibangun di sekitar tempat ziarah yang didedikasikan untuk penguasa abad kedelapan tersebut dan makamnya.

Orang Maroko menganggap kota suci ini sebagai tempat ziarah kedua terpenting setelah Mekkah – dan biasanya mereka berziarah setiap Agustus ketika ada festival keagamaan, sehingga bulan tersebut bisa menjadi waktu terbaik berkunjung ke sini.

Sekembalinya ke pusat kota, Anda dapat menjelajahi Medinanya (kawasan kota tua) yang dipenuhi berbagai souk, seperti Souk Nejarine dan Souk Sebbat, untuk berbelanja aneka pernak-pernik khas Maroko, seperti kerajinan tangan, pakaian, dan babouche. Di sini juga terdapat Grand Mosque yang dibangun pada abad 12 dengan atapnya yang mencolok karena berwarna hijau dan menjulang tinggi.

Sementara kawasan kota barunya bernuansa lebih modern, dan walau memiliki beberapa peninggalan dari era Sultan Moulay Ismail, seperti Koubat al Khayatine yang menjadi salah satu landmark Meknes, namun di sini lebih menawarkan fasilitas hiburan.

Akses: Untuk mencapai Meknes, bisa naik kereta dari Fez selama 40 menit, dari Rabat selama 2,5 jam, dari Casablanca selama tiga jam, dari Marrakesh selama 6,5 jam, atau dari Tangier selama 3,5 hingga 4,5 jam. Selain itu, bisa juga naik bus CTM dari Casablanca, Rabat, Tangiers, atau Fez. Bus ini berangkat setiap hari dari Casablanca dengan waktu tempuh empat jam perjalanan, dari Rabat selama dua jam perjalanan, atau dari Fez selama satu jam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here