Eksotis, Ini Keindahan 5 Pantai Tersembunyi di Gunungkidul

Bosan dengan destinasi yang itu-itu saja di pusat kota Yogyakarta? Atau ingin mencari suasana baru? Cobalah bertolaklah ke berbagai pantai terpencil di kawasan Gunungkidul, seperti berikut ini.

  • Pantai Jogan

Kerap terlewatkan oleh para wisatawan karena mesti berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter dari Pantai Siung yang lebih populer, pantai yang terletak di balik perbukitan kapur di kawasan Geopark Gunung Sewu ini unik karena memiliki air terjun yang langsung mengalir ke laut.

  • Pantai Nglambor

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di pesisir selatan yang memiliki ombak besar sehingga kurang aman untuk berenang, pantai ini memiliki perairan yang relatif tenang berkat keberadaan pulau-pulau karang di dekatnya, sehingga cukup menyenangkan untuk snorkeling. Letaknya sendiri di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan, serta harus ditempuh dengan berjalan kaki beberapa ratus meter dari Pantai Siung.

  • Pantai Ngrenehan

Meski mungil, pantai di Desa Kanigoro ini menawarkan hamparan pasir putih dengan dinding-dinding karang di sekitarnya. Di sini jugalah pengunjung dapat menikmati langsung hasil tangkapan nelayan yang masih segar di warung dengan sepiring nasi liwet yang masih hangat.

  • Pantai Watulawang

Diapit oleh dua pantai yang sudah populer, yaitu Pantai Indrayanti di sisi barat dan Pantai Pok Tunggal di sebelah timur, pantai ini dinamakan demikian karena memiliki gua dengan batu yang berbentuk seperti pintu di mulutnya. Gua ini digunakan masyarakat sekitar untuk upacara adat sadranan (penghormatan kepada leluhur) setiap bulan Sya’ban dalam kalender Islam, dan “pintu” tersebut hanya boleh dimasuki saat upacara saja. Pantai ini sendiri memiliki sejumlah “kolam” untuk bermain air.

  • Pantai Wohkudu

Terletak di Desa Nglaos, Kecamatan Panggang, pantai ini terutama cocok bagi penyuka tantangan karena jalan untuk mencapainya berliku dengan medan yang cukup berat. Namun tentu saja setibanya semua ini terbayar ketika mata mendapati pantai dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi tebing.

Akses: Dari Yogyakarta, sebaiknya menyewa kendaraan untuk memudahkan bepergian dari satu pantai ke pantai lainnya. Yogyakarta sendiri bisa diakses dengan semua maskapai nasional dari berbagai kota di Indonesia.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here