Panduan Menyelam di Era Normal Baru

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), tidak ada bukti kalau Covid-19 dapat menyebar ke manusia saat sedang berenang atau menyelam. Walau begitu, bukan berarti risiko tertular virus corona tidak ada sama sekali. Penyelam harus tetap waspada untuk memastikan perjalanan di bawah laut tetap aman dan nyaman.

Untuk itu PADI (Professional Association of Diving Instructors) merinci beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyelam di era normal.

  • Menurut DAN (Diving Alert Network), penyelam harus membersihkan peralatan menyelam sebelum menggunakannya. Prosedur pembersihan alat standar menggunakan larutan pemutih 4:100 (1/3 cangkir pemutih dalam satu galon air) dengan waktu kontak lima menit. Yang terpenting adalah membersihkan diving mask, snorkel, whistle, BCD oral inflator, dan bagian-bagian tertentu pada regulator.
  • Gunakan larutan defog sebagai pengganti air liur untuk membersihkan diving mask sebelum menyelam. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kontaminasi silang.
  • Untuk buddy checks dan latihan air sharing, jangan gunakan mouthpiece yang sama dengan teman menyelam, kecuali dalam situasi darurat.
  • Disinfeksi semua peralatan menyelam yang disewa sebelum digunakan.
  • Bawalah selalu cairan disinfektan dalam tas selam sebagai bentuk proteksi di segala situasi.
  • Selalu perbarui sertifikasi menyelam dan asuransi menyelam, serta pastikan untuk selalu membawa kartu sertifikasi dan informasi asuransi.
  • Ikuti panduan keselamatan yang ditetapkan resor selam, liveaboard, atau operator menyelam selama kegiatan jelajah bawah laut. Jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, utarakan pada staf dan minta penjelasan untuk menjamin rasa aman selama penyelaman.

Di Indonesia sendiri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan beberapa anggota Professional Association of Diving Instructors (PADI) menyusun protokol kesehatan wisata selam di tengah pandemi. Panduan ini berpedoman pada Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE), di mana salah satu poin penting yang dianjurkan adalah disinfeksi peralatan menyelam.

Terkait kebersihan dan mencegah penyebaran Covid-19, penyelam disarankan menggunakan alat menyelam pribadi, yang tidak digunakan dengan orang lain. Jika terpaksa menyewa, pastikan untuk melakukan disinfeksi secara menyeluruh.

Panduan menyelam di era normal baru sudah tersusun dalam bentuk draft final, tinggal menunggu tanda tangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Nantinya PADI dan Kemenparekraf akan membuat video simulasi untuk sosialisasi ke masyarakat.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here