5 Pantai Eksotis di Myanmar

Walau dikenal sebagai Negeri Seribu Pagoda, daya tarik Myanmar tidak hanya seputar jajaran bangunan sakral tempat beribadah umat Buddha. Selain pagoda, Myanmar juga menyajikan destinasi alam melalui sejumlah pantai yang tak kalah eksotis seperti negara tetangganya, Thailand.

Inilah daftar pantai-pantai terbaik di Myanmar.

  • Pantai Ngapali

Pantai paling populer di Myanmar, yang memiliki kontur berpasir putih sepanjang dua mil. Pejalan dapat merasakan kenyamanan selama berwisata sekitar Ngapali karena sudah dilengkapi dengan resor mewah dan ragam aktivitas air, meliputi bermain kayak, snorkeling, hingga scuba diving.

Selain menawarkan resor mewah, pejalan bujet disambut ramah di Pantai Ngapali yang juga menyediakan akomodasi sesuai anggaran, mulai dari pondok-pondok di tepi pantai hingga vila dengan fasilitas terbaik. Perhatikan waktu kunjung karena Pantai Ngapali akan dipadati wisatawan, terutama masyarakat lokal yang mengunjunginya saat liburan Thingyan, Tahun Baru Myanmar.

  • Pantai Maungmagan

Dulu, sebelum dikenal sebagai salah satu destinasi bahari terbaik di Myanmar, Pantai Maungmagan dimanfaatkan kolonial Inggris sebagai tempat peristirahatan di era sebelum Perang Dunia II berkecamuk. Berada dekat kota pelabuhan Dawei, Pantai Maungmagan mudah saja diakses dengan berkendara sekitar 30 menit pusat kota.

Mengunjungi Pantai Maungmagan, pejalan akan menemukan jajaran pohon pinus dengan perairan sebening kristal. Walau pemandangan yang dinikmati begitu sempurna, namun infrastruktur di Pantai Maungmagan belum selengkap di Pantai Ngapali.

  • Pantai Ngwesaung

Relatif mudah diakses dari Yangon, Pantai Ngwesaung yang berada dekat desa nelayan dengan nama sama, merupakan tujuan wisata warga lokal di akhir pekan. Namun, wisatawan asing mulai berdatangan ke sini karena Pantai Ngwesaung ikonis dengan stupa kembar di tepi pantai, Kyauk Maumghnama Pagoda.

Memiliki beberapa resor mewah, Pantai Ngwesaung menampilkan kontur pantai berpasir putih, bahkan dengan perairan yang lebih jernih dibanding Pantai Ngapali. Pejalan dapat menghabiskan waktu dengan menunggang kuda, mengikuti aktivitas air, atau sekadar jalan-jalan di tepi pantai sambil menyaksikan warga lokal beraktivitas.

  • Pantai Chaungtha

Termasuk salah satu pantai yang dapat dicapai dengan mudah dari bekas ibu kota Yangon, Pantai Chaungtha juga kerap dijadikan tujuan liburan di akhir pekan. Pantai dengan cita rasa lokal ini tampak menarik dengan deretan kedai makanan yang menjajakan hidangan laut murah.

Biasanya, pengunjung akan menyewa perahu karet untuk mengitari sekitar Pantai Chaungtha atau mengunjungi pulau-pulau tetangga. Bagi wisatawan, pantai ini menawarkan akomodasi beragam sesuai bujet. Di hari-hari penting dan libur nasional, Pantai Chaungtha akan ramai dipadati turis lokal, ada baiknya Anda mengecek kalender sebelum bertandang ke sini.

  • Pantai Teyzit/Tizit

Agak tersembunyi dan berjarak sekitar 16 mil dari kota Dawei, Pantai Teyzit sangatlah nyaman dikunjungi karena minim wisatawan. Dengan pasir putih nan lembut dan sedikit sampah di tepian pantai, menjadikan Pantai Teyzit sebagai pelarian sempurna saat Pantai Maungmagan ramai diserbu pengunjung.

Dengan suasana yang menyenangkan dan sepi pengunjung, sayangnya pantai ini belum difasilitasi infrastruktur yang memadai. Hanya ada beberapa kedai makan di tepi pantai dan bar sederhana untuk menyesap bir lokal yang berlokasi di desa dekat pantai.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here