Tip Mengunjungi Theme Park Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, memberi dampak signifikan bagi sektor pariwisata, salah satunya industri theme park. Mengunjungi taman rekreasi yang marak dengan wahana permainan seru tak akan sama lagi seperti dulu.

Kembali dibuka untuk publik, berbagai theme park menerapkan protokol keselamatan bagi pengunjung dan staf. Masing-masing theme park memiliki aturan berlainan, namun pada dasarnya sudah disesuaikan dengan anjuran dari otoritas kesehatan setempat dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bagi pejalan yang dalam waktu dekat ingin mengunjungi theme park, perhatikan panduan keselamatan dan kesehatan berikut ini.

  • Sebelum berkunjung, baca dulu kebijakan taman rekreasi yang tertera di laman resmi atau media sosial. Standar kebijakan kunjungan biasanya meliputi pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu, pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk, menyertakan surat keterangan sehat atau hasil rapid test non-reaktif Covid 19, penggunaan masker, dan perubahan jam operasional.
  • Usahakan tiba lebih awal demi menghindari antrean di pintu masuk dan wahana permainan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan berada di kerumunan untuk waktu lama.
  • Sebisa mungkin berada di area terbuka untuk meminimalkan risiko penyebaran virus di ruangan tertutup. Beberapa taman rekreasi menutup atraksi dalam ruangan, namun tetaplah waspada saat berada di toko suvenir, restoran, dan toilet. Anda dapat memanfaatkan taman untuk bersantai, sekaligus berjemur di bawah sinar matahari.
  • Saat menggunakan fasilitas publik, seperti toilet, sebaiknya hindari toilet yang berada di area yang ramai. Sebelum menggunakan toilet, bersihkan dengan disinfektan yang dibawa dari rumah, serta jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya.
  • Tetap perhatikan jarak aman antar pengunjung, minimal dua meter demi keamanan bersama. Theme park biasanya akan memberi tanda pengingat yang ditempel di lantai sebagai batas aman saat mengantre.

  • Secara rutin bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika tidak sempat ke toilet untuk mencuci tangan, theme park menyediakan cairan pembersih tangan yang diletakkan di titik-titik penting. Namun demi kenyamanan, bawa sendiri hand sanitizer dari rumah.
  • Bawalah masker cadangan saat mengunjungi taman rekreasi. Selain Anda akan menghabiskan waktu minimal setengah hari, masker cadangan diperlukan jika sesuatu buruk terjadi, misalnya masker terlepas saat menaiki roller coaster. Lebih aman lagi jika pengunjung menggunakan face shield yang dapat mengurangi paparan partikel pernapasan yang lebih besar.
  • Saat menaiki roller coaster, pilihlah tempat duduk terdepan untuk menghindari kontak dengan penumpang di depan dan belakang Anda.
  • Sebagai langkah pengamanan, lakukan rapid test setelah mengunjungi theme park, diikuti dengan tes PCR jika menunjukkan reaktif Covid-19. Sebaiknya lakukan isolasi mandiri selama dua minggu setelah berkunjung dari theme park, untuk meminimalkan risiko penularan virus.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here