Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menggunakan Toilet di Pesawat

Berfungsi sama seperti toilet pada umumnya, penggunaan fasilitas publik di pesawat mungkin saja disalahgunakan penumpang. Untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan penumpang lain, perhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan toilet di pesawat.

Tidak Membersihkan Toilet Seusai Menggunakan

Sebagai fasilitas publik, pengguna toilet di pesawat wajib menjaga kebersihan selama menggunakannya, tidak hanya untuk diri sendiri juga untuk penumpang lain. Sebelum meninggalkan toilet, pastikan untuk mengecek terlebih dulu, seperti tidak meninggalkan sampah tisu, tidak membiarkan wastafel dalam keadaan kotor, menekan tombol flush, dan memerhatikan barang pribadi yang dibawa. Jangan berpikir kalau pramugari akan  membersihkan toilet setiap saat begitu penumpang selesai menggunakannya.

Tidak Membiarkan Si Kecil Sendirian

Jika bepergian dengan si kecil dan Anda ingin menggunakan toilet, jangan biarkan ia duduk sendiri sambil menonton video di gawai atau menitipkannya pada penumpang di sebelah. Orang tua memiliki dua pilihan jika menghadapi situasi ini, pertama membawa bayi ikut ke toilet. Kedua, minta pramugrari untuk mengawasinya selagi Anda meninggalkannya sejenak.

Tidak Sopan 

Menempati kursi di samping lorong memiliki nilai plus dan minus. Ruang kaki lebih luas dan mudah untuk mengakses toilet kapan saja memang menyenangkan, tapi Anda harus siap berhadapan dengan teman duduk yang mengharuskannya ke toilet secara berkala. Berusaha sopan dan menghargai hak tiap penumpang untuk menggunakan fasilitas pesawat. Perlu disadari bahwa mungkin saja penumpang tersebut memiliki gangguan medis yang menyebabkan ia perlu menggunakan toilet setiap saat.

Jangan Lama

Menggunakan toilet adalah hak setiap penumpang, tapi bukan berarti Anda dapat berlama-lama di dalamya, tanpa memikirkan kemungkinan orang lain sedang mengantre di luar. Bijaklah dalam menggunakan toilet sesuai keperluan. Pangkas waktu pemakaian toilet dengan tidak menata rambut atau dandanan yang dapat dilakukan di tempat duduk.

Salah Pilih Waktu

Ketahui aturan waktu ideal saat menggunakan toilet di pesawat. Penumpang dapat memanfaatkan fasilitas ini sebelum pesawat lepas landas, ketika tanda sabuk pengaman tidak aktif, dan sesaat sebelum pesawat mendarat. Demi kenyamanan, hindari juga kunjungan ke toilet saat layanan makan dan minum sedang diedarkan pramugari.

Tidak Mengantre

Sama seperti toilet di tempat lain, antrelah saat menggunakan fasilitas ini. Dahulukan penumpang dengan anak atau orang tua, sembari Anda dapat melakukan perenggangan karena terlalu lama duduk. Saat mengantre, hindari obrolan ringan dengan penumpang lain karena tidak semua orang nyaman berbincang dengan orang asing yang ditemui di pesawat.

Lupa Mengunci Pintu

Entah karena sedang tergesa-gesa atau memang lupa, sebagian penumpang tidak mengunci pintu toilet. Demi menghindari “kejutan” tidak mengenakkan, selalu pastikan pintu sudah terkunci sebelum menggunakan toilet.

Teks: Priscilla Picauly

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here