8 Cara Agar Tetap Fit Selama Liburan

Menjaga tubuh tetap bugar, selain memastikan diet tetap terlaksana, merupakan hal yang seringkali susah dilakukan saat traveling. Inilah beberapa tip agar traveling tetap menyenangkan tanpa perlu meninggalkan gaya hidup sehat.
  • Atur waktu tidur

Mengatur waktu tidur ini terutama penting untuk menyiasati jet lag. Bila penerbangan akan sampai di tujuan pada pagi hari, usahakan untuk tidur selama penerbangan. Konsumsi susu dan hindari minuman beralkohol agar dapat tidur. Jangan lupa untuk melakukan olahraga kecil di kabin, seperti peregangan. Dan sebaliknya, bila penerbangan akan sampai di malam hari, usahakan untuk tidak tidur selama penerbangan supaya tetap bisa tidur ketika sampai di tempat tujuan.

Selama liburan pun, pastikan tidur yang cukup dan tak memforsir tubuh bila sudah merasa kecapekan. Karena itu, sebisa mungkin menghindari mengeksplorasi banyak tempat wisata dalam satu hari. Selain membuat tubuh lebih lelah, pengalaman perjalanan seperti ini bakal tak menyenangkan karena seakan-akan diburu waktu demi mengejar target.

  • Jaga pola makan

Banyak anggapan traveling membuat diet berantakan. Itu sama sekali tidak benar, walaupun mencicipi kuliner lokal di tempat tujuan tetap diagendakan. Wisata kuliner tetap bisa dilakukan sejauh porsinya tidak berlebihan.

Sedangkan di kondisi medan yang tidak terduga memang kita tak ada pilihan selain makan apa pun yang ditemui di jalan. Namun pastikan mengimbangi pola makan dengan olahraga. Jadi tak ada alasan traveling merusak pola makan, asalkan kita bersedia disiplin dengan diri sendiri.

  • Jangan lewatkan sarapan

Jangan melewatkan sarapan dan langsung makan siang. Kalau hotel tak menyediakan sarapan, Anda bisa membeli makan pagi Anda sendiri di minimarket, pasar, atau toko roti terdekat. Menunya bisa simpel dengan kalori yang tak berlebihan, seperti oatmeal, susu, buah, dan roti gandum. Yang pasti, jangan mengosongkan perut hingga siang hari, karena nafsu makan akan melonjak dan Anda cenderung makan lebih banyak nantinya.

  • Kurangi minuman beralkohol dan minuman manis non-alkohol

Minuman beralkohol dan minuman manis non-alkohol mengandung banyak kalori. Tak hanya itu, minuman beralkohol dapat menganggu tidur Anda. Karena itu, jaga jumlah kalori dan asupan gula Anda dengan banyak minum air putih. Anda tetap boleh mengonsumsi minuman tersebut selama liburan, asalkan tidak berlebihan.

  • Banyak makan buah dan sayur

Sebagai pengganti kudapan manis, Anda dapat mengonsumi banyak buah dan sayur-mayur. Buah-buahan dapat dibeli di pasar, minimarket, atau supermarket untuk dinikmati saat sarapan atau sebagai kudapan sehat sepanjang hari. Untuk sayuran, Anda bisa memesan menu vegetarian atau opsi menu yang lebih sehat saat makan di luar, atau membuat salad buatan sendiri dengan bahan-bahan yang bisa dibeli di pasar atau minimarket. Anda juga dapat mengonsumi vitamin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

  • Jaga tubuh agar tetap terhidrasi 

Bawalah botol minum ke mana pun Anda pergi. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan sepanjang hari, meski mungkin akan kerepotan mencari toilet di tengah jalan. Minum cukup air memiliki banyak manfaat, mulai dari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah kulit kusam.

  • Tetap berolahraga, seringan apa pun itu

Banyak yang salah menduga bahwa berolahraga haruslah di sebuah fitness centre yang mewah. Banyak hotel yang juga memiliki fasilitas fitness, yang walaupun kecil dengan alat seadanya, tetap bisa digunakan untuk berolahraga.

Bila tidak ada tempat fitness pun, Anda bisa kreatif, misalnya dengan melakukan push-up di kamar, jogging di pantai, atau berjalan kaki untuk jarak yang tak jauh. Misalnya, bila tak sempat berolahraga di pagi hari, Anda dapat berjalan kaki ke stasiun kereta atau terminal bus yang jauhnya satu kilometer. Yang penting ada kalori yang terbakar, tanpa harus mengurangi kenikmatan dari traveling itu sendiri.

  • Selalu bawa tisu basah dan hand sanitizer

Kebiasaan membawa hand sanitizer ke mana-mana di saat pandemi dapat ikut dibawa saat liburan nanti. Barang penting ini terutama penting saat tak ada air mengalir dan sabun yang tersedia, yang biasanya sering terjadi saat sedang traveling. Karena Anda sudah bepergian sepanjang hari serta berinteraksi dengan banyak orang dan benda, hal terakhir yang Anda inginkan adalah makan dengan tangan yang kotor. Cegah penyebaran kuman dan bakteri dengan membersihkan tangan, terutama sebelum dan sesudah makan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here