Agustus Mendatang, 3 Museum Populer di London Akan Dibuka Kembali

Agustus mendatang, tiga museum populer di London siap menyambut kembali pengunjung setelah tidak beroperasi selama beberapa bulan. Nantinya, masing-masing museum akan dibuka pada tanggal berbeda untuk menghindari penumpukan penumpang di transportasi umum. Apa saja museum yang akan dibuka kembali di London?

  • National History Museum

Merupakan museum yang menampilkan koleksi sejarah alam paling penting di dunia, dengan 80 juta koleksi yang meliputi ilmu botani, entomologi, mineralogi, paleontologi, dan zoologi. Koleksi yang dibanggakan di National History Museum adalah koleksi dinosaurus yang meliputi 157 taksa, terdiri 115 dari bahan asli dan 69 lainnya dari jenis spesimen. Museum yang bangunannya rampung pada 1881 ini memiliki fosil pertama dari Tyrannosaurus rex, salah satu karnivora terbesar di dunia.

Mengunjungi National History Museum di tengah pandemi, pengunjung dapat menikmati aneka koleksinya dengan leluasa, karena pengelola membatasi pengunjung sekitar 2.800 orang per harinya. Pengunjung tidak diwajibkan mengenakan masker, namun pengelola menganjurkan untuk memakainya demi keamanan, sedangkan anak di bawah usia 11 tahun dibebaskan dari aturan ini. National History Museum akan dibuka kembali pada 5 Agustus dan beroperasi tiap Rabu-Minggu, mulai pukul 11:00 hingga 18:00.

  • Victoria and Albert Museum (V&A)

Didirikan pada 1857, awalnya museum ini bernama South Kesington Museum, yang kemudian diganti menjadi Victoria and Albert Museum pada 1899, ketika Ratu Victoria meletakkan batu fondasi bangunan baru di sepanjang Exhibition Road dan Cromwell Road. Pada masanya, South Kensington Museum adalah museum pertama di dunia yang menyediakan restoran. Tippoo’s Tiger adalah salah satu koleksi populer di V&A, merupakan patung kayu harimau yang menyerang orang Eropa, yang dibuat untuk Sultan Tipu, penguasa Mysore di India pada 1790-an.

Museum seni dan desain ini akan dibuka kembali pada 6 Agustus, dengan waktu kunjungan tiap Kamis-Minggu, mulai pukul 11:00 hingga 15:00. V&A juga akan membatasi para tamu dan menetapkan rute saat menikmati koleksi, untuk memastikan jarak sosial yang aman. V&A hanya akan membuka lantai dasar dan galeri Eropa 1600-1815, toko suvenir, dan taman utamanya, sedangkan galeri lain dan kafe akan segera dibuka.

  • Science Museum

Berlokasi di Exhibition Road di South Kesington, Science Museum didirikan pada 1857 dan merupakan salah satu destinasi populer di London yang menarik 3,3 juta pengunjung tiap tahunnya. Saat ini Science Museum memiliki lebih dari 300.000 koleksi, termasuk Stephenson’s Rocket, Puffing Billy (lokomotif uap tertua dan masih dapat digunakan), mesin jet pertama, dan rekonstruksi DNA Francis Crick dan James Watson.

Science Museum akan membuka pintunya pada 19 Agustus dan beroperasi setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 18:00. Walau memiliki jam operasional lebih panjang dibanding National History Museum dan V&A, namun Science Museum tetap mengedepankan protokol keselamatan yang wajib dipatuhi pengunjung. Nantinya, akan ada rute untuk menikmati koleksi untuk memastikan jarak sosial antar pengunjung. Museum juga menyediakan pembersih tangan, papan petunjuk mengenai aturan jaga jarak, dan layar pelindung di loket tiket serta meja informasi. Pengelola tidak mewajibkan penggunaan masker namun merekomendasikan pengunjung untuk memakainya.

Pengunjung dapat menikmati koleksi di ketiga museum ini tanpa dipungut bayaran, namun harus memesan tiket secara daring. Dengan pembatasan kuota tiap harinya, pengunjung diharapkan melakukan reservasi beberapa hari sebelum waktu kedatangan.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here