Ubud Masuk 10 Besar Kota Terbaik untuk Dikunjungi

Menawarkan hamparan sawah dan perbukitan yang berselimutkan hutan lebat, Ubud selalu menyenangkan untuk dikunjungi, baik bagi yang baru pertama kali ke Bali maupun para repeater yang ingin menjauh dari keramaian.

Tak heran bila Ubud sering menerima penghargaan. Salah satunya yang terbaru adalah masuk daftar 10 besar Best Cities in the World to Visit: World’s Best 2020 yang dirilis oleh Travel+Leisure.

Dalam daftar tersebut, Ubud menempati peringkat kesembilan dengan skor 88,16, dengan posisi di antara Luang Prabang, Laos dan Istanbul, Turki yang masing-masing menempati peringkat ke-8 dan ke-10.

Kota ini terutama difavoritkan karena pemandangan alamnya yang masih asri dan keragaman budayanya yang terlihat dari beraneka makanan tradisional yang disajikan.

Kebanyakan wisatawan datang ke Ubud untuk menyendiri, sementara di saat yang sama menjajal berbagai aktivitas alam, seperti arung jeram di sepanjang Sungai Ayung; naik sepeda dari Kintamani hingga Ubud sambil menikmati panorama pegunungan, persawahan, dan perkebunan; trekking di Campuhan Ridge Walk; atau sekadar menyusuri sawah dan duduk santai di tepiannya sambil menikmati sarapan.

Ubud juga terkenal dengan sejumlah festivalnya, termasuk BaliSpirit Festival yang merayakan kekayaan budaya melalui yoga, ritual penyembuhan, meditasi, hingga bentuk ekspresi yang lebih kreatif, seperti tari dan musik. Tak hanya itu, kota ini pun merupakan tuan rumah Ubud Writers & Readers Festival yang telah dinobatkan sebagai festival sastra dan budaya terbesar dan terpopuler di Asia Tenggara.

Survei untuk Best Cities in the World to Visit: World’s Best 2020 berakhir awal Maret, tepat sebelum pandemi Covid-19. “Hasilnya mencerminkan pengalaman pembaca kami sebelum pandemi, tetapi kami berharap para penerima penghargaan tahun ini akan menginspirasi Anda untuk melakukan perjalanan kembali suatu saat nanti,” tulis Travel+Leisure.

Inilah daftar lengkap 10 besar kota terbaik untuk dikunjungi.

  1. Oaxaca, Meksiko
  2. San Miguel de Allende, Meksiko
  3. Hoi An, Vietnam
  4. Chiang Mai, Thailand
  5. Florence, Italia
  6. Kyoto, Jepang
  7. Udaipur, India
  8. Luang Prabang, Laos
  9. Ubud, Indonesia
  10. Istanbul, Turki

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here