WHO Desak Pelancong untuk Selalu Mengenakan Masker Saat Bepergian

Baru-baru ini, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mendesak para pelancong untuk selalu mengenakan masker selama di pesawat dan terus memperbarui diri dengan informasi terkini mengenai kasus Covid-19 yang kembali melonjak di beberapa negara, sehingga menyebabkan pemberlakuan aturan pembatasan perjalanan baru di tempat-tempat seperti Australia.

“Virus ini terus menyebar dengan cepat, dan orang-orang mesti menanggapinya dengan sangat serius,” kata juru bicara WHO Margaret Harris. Ia juga berharap orang-orang yang tengah bepergian tidak tertular oleh virus corona atau terkena imbas aturan baru yang mewajibkan mereka untuk karantina.

Bulan lalu, WHO mengatakan bahwa mereka akan memperbarui panduan perjalanannya menjelang liburan musim panas di belahan bumi utara. Namun hingga saat ini, panduan tersebut masih belum dirilis.

“Kami melihat adanya laporan kenaikan kasus Covid-19, terutama di beberapa negara yang telah berhasil melewati gelombang pertama penyebaran virus corona, seperti Australia dan Hong Kong,” tambah Harris.

Bahkan, Melbourne kembali memberlakukan lockdown karena khawatir akan adanya gelombang kedua Covid-19. Warga setempat diwajibkan tinggal di rumah kecuali untuk berbelanja bahan makanan, urusan kesehatan, dan pekerjaan.

Saat ini, pelancong dapat mengikuti panduan WHO sebelumnya untuk selalu melakukan jaga jarak sosial, mencuci tangan, serta menghindari menyentuh mata, hidung, atau mulut.

WHO juga mendesak pelancong untuk selalu mengenakan masker di pesawat, yang sudah menjadi syarat wajib bagi banyak maskapai untuk para penumpangnya. “Anda tidak mungkin bisa melakukan jaga jarak fisik selama berada di pesawat, sehingga wajib melakukan sejumlah tindakan pencegahan, termasuk mengenakan masker sepanjang waktu,” kata Harris.

Tak hanya itu, WHO sebelumnya telah mengumumkan kemungkinan penularan Covid-19 melalui udara. Karena itu, beberapa hal ini dapat dilakukan untuk mencegah transmisi Covid-19 melalui udara.

  • Menghindari pertemuan dalam jumlah besar karena penyakit yang ditularkan melalui udara dapat menyebar dengan mudah.
  • Kenakan masker untuk mengurangi risiko kontak dengan mikroba di udara dan menghentikan mikroba yang ada di dalam tubuh agar tidak menyebar dengan cepat ke udara.
  • Praktekkan jaga jarak sosial.
  • Pastikan ruangan berventilasi baik untuk membantu membersihkan udara dengan cepat.
  • Batuk atau bersin ke saputangan atau siku untuk mencegah penularan virus melalui udara.
  • Hindari menyentuh wajah, hidung, dan mata.
  • Cucilah tangan secara menyeluruh setidaknya selama 20 detik dengan sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer)
  • Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang memiliki gejala Covid-19 maupun yang sudah terkena Covid-19.
  • Selalu membersihkan peralatan yang sering disentuh, seperti ponsel.
  • Praktekkan gaya hidup sehat, seperti tidur yang cukup, mengonsumsi menu makanan dengan gizi seimbang, perbanyak minum, dan berolahraga secara teratur.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here