Aturan Baru di Taman Hiburan Jepang: Dilarang Berteriak di Roller Coaster!

Dari sekian banyak aturan dan protol baru yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, mungkin ada satu yang unik dan sulit diterapkan. Ya, aturan ini mewajibkan pengunjung taman hiburan untuk mengenakan masker dan tidak menjerit saat naik roller coaster dan wahana sejenisnya.

Aturan baru ini sendiri dikeluarkan oleh East & West Japan Amusement Associations, yang terdiri lebih dari 30 operator taman hiburan di seluruh Jepang, termasuk Tokyo Disneyland, Tokyo DisneySea, dan Universal Studios Japan.

Sebagian besar taman hiburan di Jepang memang telah tutup sejak Februari. Namun seiring dengan pelonggaran perbatasan, banyak theme park di negara tersebut yang telah dibuka kembali. Untuk mencegah penyebaran virus corona, aturan unik tersebut pun kemudian diberlakukan.

Penasaran bagaimana caranya naik roller coaster tanpa menjerit? Fuji-Q Highland, taman hiburan di Fujiyoshida, Yamanashi yang terkenal dengan wahana ekstremnya, telah merilis sebuah video yang menunjukkan kalau aturan tersebut sebenarnya bisa dilakukan.

Rekaman berdurasi empat menit tersebut menunjukkan dua lelaki yang dapat menahan jeritan meski wahana tersebut melaju dengan kecepatan tinggi dan meliuk-liuk di lintasan yang curam. Jadi, bukan mustahil bila pengunjung lainnya dapat melakukan hal yang sama demi mencegah penyebaran virus corona.

Selain wajib mengenakan masker dan tak menjerit saat naik roller coaster, aturan lain yang diberlakukan di taman hiburan Jepang adalah menerapkan jaga jarak fisik, melalui pemeriksaan suhu tubuh, dan melakukan sanitasi.

Dalam situasi di mana mengenakan masker wajah sulit dilakukan untuk beberapa staf karena sifat pekerjaannya, mereka disarankan untuk menjaga setidaknya satu meter dari pengunjung. Baik staf maupun pengunjung juga disarankan agar menjaga percakapan sesingkat mungkin. Sebagai gantinya, mereka cukup menunjukkan mata yang tersenyum dan gerakan tangan untuk berkomunikasi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here