Balon Udara Berteknologi Tinggi Ini Siap Bawa Penumpang ke Luar Angkasa

Foto: Dok. Space Perspective

Perusahaan wisata antariksa Space Perspective telah resmi membuka Pusat Operasi Peluncuran di NASA Kennedy Space Center, Florida bulan lalu. Namun tak seperti kebanyakan pesaingnya, perusahaan ini tidak memakai roket atau pesawat untuk membawa orang ke luar angkasa – melainkan menggunakan balon udara berteknologi tinggi.

Ya, balon berisikan hidrogen ini bakal menarik kapsul antariksa berisikan delapan penumpang beserta pilotnya ke luar angkasa. Dinamai Spaceship Neptune, perjalanan ini memakan waktu sekitar enam jam pulang pergi, dengan dua jam dihabiskan di ketinggian jelajah 100.000 kaki. Seperti kapsul-kapsul antariksa lainnya, moda transportasi ini juga akan mendarat di laut sekembalinya ke bumi.

Karena menggunakan balon, penumpang tidak akan merasakan G-force yang terlalu intens, selain perjalanannya pun lebih nyaman dan mulus. Selain itu, Spaceship Neptune akan dilengkapi dengan bar dan kamar mandi untuk melengkapi pengalaman mewahnya.

Namun, ada beberapa kekurangan dari naik balon ini, yang bisa menjadi pertimbangan bagi para calon penumpang. Pertama, ketinggian jejalah 100.00 kaki, atau kurang dari 19 mil, sebenarnya tidak terlalu tinggi. Angka tersebut jauh dari garis Kármán, batas antara atmosfer bumi dan luar angkasa, yang terletak di ketinggian 62 mil di atas permukaan bumi. Biasanya, Anda tak akan dianggap sebagai seorang astronaut bila belum melewati batas ketinggian 50 mil.

Anda juga tak akan mengalami gaya grativitas nol – karena gaya gravitasinya kurang lebih sama saat berada di permukaan laut. Sebagai perbandingan, penumpang Virgin Galactic dan Blue Origin akan dapat melayang dalam gravitasi nol selama beberapa menit.

Di luar itu, ketinggian 100.000 kaki bakal menjadi pencapaian yang luar biasa bagi penumpang yang baru pertama kali wisata ke antariksa. Anda masih bisa melihat kegelapan di ruang angkasa dan kelengkungan bumi di ketinggian itu. Plus harga tiketnya kemungkinan akan jauh lebih murah dari Virgin Galactic dan Blue Origin, yang keduanya diperkirakan mencapai 250.000 dolar AS per orang.

Meskipun sampai saat ini harganya belum dirilis, Jane Poynter dan Taber MacCallum selaku pendiri Space Perspective memperkirakan tiketnya sekitar 125.000 dolar AS. Tanggal peluncuran resmi untuk Spaceship Neptune juga belum diumumkan, tetapi Space Perspective mengharapkan penerbangan uji coba pertama pesawat itu akan berlangsung pada awal 2021, dengan peluncuran perdananya beberapa tahun setelahnya jika semuanya berjalan sesuai rencana. Namun, Space Perspective telah membuka pendaftaran di situs resminya untuk calon penumpang yang tertarik memesan wisata balon udara ke antariksa dari sekarang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here