Masuki Normal Baru, Ini Aturan Makan dan Minum di Pesawat

Sejumlah maskapai penerbangan sudah kembali melayani penerbangan domestik menjelang era normal baru. Agar dapat menggunakan layanan transportasi ini, masyarakat mesti mematuhi sejumlah aturan yang tak terbatas pada persyaratan naik pesawat, namun juga mengatur operasionalisasi dalam kabin saat penerbangan. Salah satu yang berubah di era normal baru ini adalah kebijakan penyajian makanan dan minuman di pesawat. 

Aturan terkait aturan penyajian makanan dan minuman ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) 13 tahun 2020 tentang Operasional Transportasi Udara dalam Masa Kegiatan Masyarakat Produktif dan Aman dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dalam SE tersebut diterangkan bahwa penyajian makanan dan minuman harus mengikuti ketentuan sebagai berikut. 

  • Penyajian makanan dan minuman dilaksanakan secara ringkas dan efisien dengan menggunakan kotak atau tempat yang simpel dan tetap higienis.
  • Penyajian makanan dan minuman oleh awak pesawat dilakukan dengan menghindari kontak fisik dengan penumpang.
  • Penyelenggara Angkutan Udara selalu mengingatkan penumpang untuk membersihkan tangan sebelum menikmati makanan dan minuman dengan menyediakan hand sanitizer atau tisu basah.
  • Penyelenggara Angkutan Udara dengan kelompok pelayanan standar minimum (no-frills) hanya boleh menyediakan makanan dan minuman yang telah dipesan oleh penumpang sebelum keberangkatan (pre-book meal) dan tidak diperbolehkan melakukan penjualan makanan dan minuman selama penerbangan.

Beberapa maskapai penerbangan juga sudah menerapkan aturan soal makanan dan minuman ini. Salah satunya adalah Garuda Indonesia. Maskapai penerbangan ini telah melakukan penyesuaian layanan makanan selama penerbangan pada beberapa rute tertentu. Untuk penyajian makanannya, Garuda Indonesia menggunakan alat makan sekali pakai untuk semua kelas penerbangannya mulai 4 Juni hingga 31 Desember 2020. Kebijakan ini diterapkan pada seluruh penerbangan domestik. 

Maskapai penerbangan AirAsia juga turut menyesuaikan layanan makanan dan minumannya. Penumpang yang ingin menikmati sajian makanan selama penerbangan harus memesan inflight meals terlebih dahulu di airasia.com atau aplikasi mobile AirAsia melalui opsi Pembelian Saya atau My Bookings. Pemesanan makanan harus dilakukan setidaknya 24 jam sebelum jadwal keberangkatan. AirAsia juga memastikan seluruh makanan diproduksi dan dikemas dengan standar kebersihan yang tinggi. 

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here