Tip Tetap Terjaga Selagi Mengemudi

0
2017

Pelesiran di era normal baru akan mengubah kebiasaan di jalan yang lazim dilakukan. Gaya perjalanan akan berubah, transportasi yang digunakan pun beralih dari yang sifatnya massal ke kendaraan pribadi. Slow travel diperkirakan akan berkembang, terutama aktivitas perjalanan darat (roadtrip). Walau terlihat aman dan nyaman, perjalanan darat bisa menjadi aktivitas monoton yang rentan kebosanan dan kantuk.

Kami siapkan sejumlah tip dan trik agar tetap terjaga saat mengemudi, sehingga perjalanan Anda tetap aman dan menyenangkan.

  • Mengonsumsi Minuman Berkafein

Tip paling mudah dan terbukti ampuh untuk mengatasi kantuk adalah mengonsumsi minuman berkafein. Seduhlah kopi sebelum berangkat atau beli di tengah perjalanan jika ingin praktis. Pahitnya kopi akan “membangunkan” Anda dan membuat terjaga sepanjang perjalanan. Sebagai tambahan, sediakan juga minuman penambah energi yang direkomendasikan dan sesuai dengan kondisi tubuh.

  • Menyiapkan Makanan Sehat

Selain menyediakan minuman berkafein, pejalan disarankan untuk menyiapkan makanan ringan yang sehat untuk memastikan mereka tidak terserang lapar di tengah perjalanan. Pilih makanan ringan yang mudah dikonsumsi, tidak mengandung banyak gula namun kaya protein untuk memberi tambahan energi selagi menyetir.

  • Teman Perjalanan

Perjalanan tidak akan berlalu membosankan jika ditemani teman atau pasangan. Lakukan roadtrip bersama mereka yang juga menyukai konsep slow travel, yang menemani dengan obrolan menyenangkan sepanjang jalan atau menjadi DJ memilih lagu-lagu terbaik yang membuat Anda semakin bersemangat menyetir. Jika ingin menikmati perjalanan darat seorang diri, pertimbangkan untuk menyiapkan audiobook sebagai teman perjalanan.

  • Atur Temperatur

Pastikan untuk mengatur temperatur kendaraan sesuai suhu ideal, jangan terlalu hangat dan terlalu dingin. Sesekali turunkan jendela dan biarkan udara segar masuk dan membantu Anda tetap terjaga.

  • Lakukan Facercise¬†

Facercise atau face exercise (olahraga wajah) bertujuan mengurangi kerutan, mengendurkan otot wajah, dan tentu saja membuat pengemudi tetap terjaga. Berikut ini ada sejumlah teknik yang bisa diaplikasikan, antara lain perpanjang rahang bawah lalu goyangkan ke samping, mengisap pipi, buka mulut sangat lebar lalu kencangkan erat dengan bibir, dan buka mata dengan lebar lalu angkat alis. Ulangi teknik-teknik di atas atau coba kreasikan gerakan sendiri.

  • Gunakan Kendaraan dengan Sistem Peringatan

Tertidur saat mengemudi sangat mungkin terjadi saat melakukan perjalanan darat. Pertimbangkan untuk menggunakan kendaraan dengan sistem peringatan yang akan memberi tahu ketika berada di luar jalur tanpa indikasi sinyal belokan.

  • Istirahat Sejenak

Tubuh Anda tidak selalu prima setiap saat, walaupun sudah melakukan tip-tip di atas. Jika sudah lelah, beristirahatlah. Jangan paksa tubuh untuk terus menyetir, istirahatlah selama beberapa saat. Jika memungkinkan, pilih lokasi istirahat dengan panorama menarik untuk menyegarkan suasana.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here