Program Standar Kebersihan Hilton Diluncurkan Hari Ini

Hilton meluncurkan program baru yang menetapkan standar kebersihan tingkat industri untuk setiap properti Hilton di seluruh dunia. Program bernama Hilton CleanStay ini merupakan hasil kerja sama dengan Reckitt Benckiser (RB), perusahaan di balik produk kebersihan Dettol dan Lysol. Dalam perkembangannya, Hilton juga bekerja sama dengan Mayo Clinic yang membantu mengembangkan metode pelatihan, protokol kebersihan, dan jaminan kualitas. 

Program Hilton CleanStay telah diterapkan di sejumlah properti Hilton mulai hari ini, dan akan diimplementasikan sepenuhnya pada pertengahan Juli. Tamu hotel akan dapat merasakan perubahan positif dari program Hilton Clean Stay ini mulai dari proses check-in hingga check-out. Ini adalah beberapa hal yang dapat dinantikan oleh para tamu:

  1. Prosedur Kebersihan Baru

Bahkan sebelum melakukan perjalanan dan tiba di hotel, tamu sudah dapat melihat detail kebersihan apa saja yang akan diterapkan Hilton di laman iniSitus ini juga akan terus diperbarui seiring dengan penambahan prosedur kebersihan baru yang diterapkan. 

2. Proses Check-in Tanpa Kontak

Para tamu dapat melewati proses check-in tanpa kontak bila menginginkannya. Tamu dapat check-in, memilih kamar, dan membuka pintu dengan kunci digital, hingga melakukan proses check-out menggunakan aplikasi gratis Hilton Honors. Opsi ini tersedia di lebih dari 4.700 properti Hilton yang tersebar di seluruh dunia untuk para tamu yang memesan langsung dari aplikasi Hilton Honors maupun Hilton.com. Bagi tamu yang menginginkan proses check-in secara tradisional, Hilton juga sudah menetapkan protokol kebersihan dan keamanan untuk hal ini. Hilton akan mengarahkan para tamu dalam proses check-in maupun check-out sehingga terlaksana dengan aman. 

3. Kamar yang Tersegel Hilton CleanStay

Hal pertama yang akan tamu hotel temukan di depan kamar mereka adalah segel Hilton CleanStay. Segel ini merupakan bukti bahwa tidak ada orang yang mengakses kamar tersebut setelah dibersihkan secara menyeluruh. Tiap-tiap bagian kamar telah dibersihkan dengan disinfektan, dengan perhatian lebih pada area yang sering tersentuh seperti sakelar lampu, gagang pintu, remote TV, dan sebagainya. 

4. Layanan Kebersihan Kamar Sesuai Permintaan Tamu

Kamar-kamar tamu akan dibersihkan secara menyeluruh sebelum dan setelah waktu menginap. Layanan housekeeping selama tamu menginap akan diberikan sesuai permintaan tamu. Hal ini dikarenakan beberapa tamu mungkin tidak ingin ada staf hotel yang memasuki kamar mereka. Fasilitas tambahan seperti seprai dan perlengkapan mandi akan tersedia berdasarkan permintaan. Benda-benda ini akan dikirimkan dalam kemasan pelindung dan ditempatkan di depan pintu kamar. 

5. Ruang Publik Akan Dibersihkan Lebih Sering

Pusat kebugaran, misalnya, mungkin akan ditutup selama beberapa kali dalam sehari untuk dibersihkan secara menyeluruh. Hilton juga akan menata peralatan dengan jarak tertentu untuk memungkinkan physical distancing. Jumlah tamu yang dapat menggunakan fasilitas ini secara bersamaan juga akan dibatasi. Selain pusat kebugaran, kolam renang dan area sekitarnya juga akan sering dibersihkan sepanjang hari. Hilton juga akan menyediakan botol-botol hand sanitizer dan tisu disinfektan di tempat-tempat strategis, seperti pintu masuk utama dan area sibuk lainnya. 

6. Pemberian Jarak untuk Meja dan Kursi

Di restoran hotel, meja dan kursi akan diberi jarak untuk memastikan terlaksananya physical distancing. Tamu hotel bisa meminta perlengkapan makan sekali pakai untuk memastikan kebersihannya. Untuk sarapan, hotel akan menyediakan berbagai opsi, termasuk grab and go dan makan a la carte. Sementara untuk layanan kamar, Hilton juga akan meminimalkan kontak antara staf dan tamu dengan menempatkan makanan yang dipesan di depan kamar tamu. Hilton juga akan menyediakan peralatan makan sekali pakai untuk digunakan dalam layanan ini. 

7. Prosedur Baru untuk Rapat dan Acara Lainnya

Program Hilton CleanStay akan menghadirkan Hilton EventReady yang akan menjadi standar pelaksanaan rapat dan acara-acara lainnya. Program ini akan membawakan standar kebersihan, fleksibilitas, teknologi terbaru, dan praktik hidup berkelanjutan. Program Hilton EventReady terutama berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan, didukung oleh layanan dari tim yang berdedikasi. 

Sebagai bagian dari standar kebersihan barunya, Hilton juga sudah merancang pelatihan bagi para staf. Program pelatihan ini dibuat agara para staf tahu langkah-langkah yang harus diambil untuk memastikan diri sendiri dan juga orang lain tetap sehat selama bekerja. Selama menginap di Hilton, tamu hotel mungkin akan menemukan para staf menggunakan cara-cara kreatif untuk menyambut para tamu. Semua itu dilakukan sambil mengenakan peralatan pelindung dan tetap menjalankan physical distancing. 

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here