Buka Sebagian, Ini Rencana Pengoperasian Kembali TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan segera membuka kembali pintunya untuk wisatawan. Rencananya, tempat wisata populer di Jakarta Timur ini akan mulai beroperasi pada 20 Juni mendatang, atau pada masa transisi sesuai dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mempersiapkan hal ini, TMII telah membentuk serangkaian protokol untuk memastikan kesehatan dan keselamatan tiap pengunjung maupun pekerja.

Dalam masa transisi ini, TMII akan membatasi jumlah kunjungan wisatawan. Kapasitas total tempat wisata ini sebenarnya mencapai 60.000. Namun untuk memastikan terlaksananya jaga jarak sosial, TMII akan membatasi jumlah kunjungan maksimal menjadi 20.000 orang per hari. Beberapa wahana populer seperti Taman Burung yang bisa dikunjungi hingga 2.000 orang juga akan dibatasi menjadi 400 orang dalam satu waktu.

Tak hanya itu, TMII hanya akan mengoperasikan wahana di luar ruangan, seperti Dunia Air Tawar, Taman Legenda, dan Anjungan Nusantara. Atraksi lain, seperti Teater IMAX Keong Mas dan SnowBay Waterpark, masih belum beroperasi pada tahap awal masa transisi ini. Sementara wahana transportasi seperti kereta mini dan kereta gantung akan dibuka dengan protokol khusus. Jika biasanya satu kereta gantung bisa diisi maksimal empat orang, kini hanya tersedia untuk dua orang.

Protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 juga akan diterapkan, seperti mewajibkan pengunjung untuk memakai masker sepanjang waktu, serta menyediakan wastafel dan hand sanitizer untuk digunakan setiap waktu. Pengunjung pun harus melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke area TMII.

Saat dibuka nanti, jam operasional TMII akan mengalami penyesuaian. Pintu masuk akan dibuka mulai pukul 08:00 hingga pukul 20:00. Sementara wahana di dalam TMII akan beroperasi mulai pukul 08:00 hingga pukul 16:00.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here