Bersantai di Alun-alun Kota Paris Layaknya Warga Lokal

Tidak hanya Italia yang memiliki piazza terbaik dan tercantik, Paris yang glamor juga menyimpan sederet alun-alun kota yang menakjubkan dan dibalut kisah sejarah menarik. Kala singgah di Paris, sempatkan untuk menikmati hari berlalu di salah satu alun-alun ini, sembari mengenal tiap sudutnya yang kaya cerita menarik.

Place Vendome

Salah satu ruang terbuka paling fotogenik di ibu kota Prancis, Place Vendome sudah sejak lama menjadi simbol kemewahan Paris. Alun-alun kota abad 18 ini awalnya dibangun untuk menghormati kemenangan militer Raja Louis XIV dan dijuluki Conquest Square. Pastikan untuk mengambil foto di alun-alun saat hari cerah atau sembari menikmati jamuan teh di Hotel Ritz yang berada di sisi barat Place Vendome saat musim dingin.

Place de la Sorbonne

Alun-alun ikonis di jantung Latin Quarter ini dinamai sesuai universitas yang sudah berabad-abad berdiri di dekatnya. Dihiasi air mancur dan pepohonan rimbun, Place de la Sorbonne adalah salah satu tempat favorit untuk duduk-duduk santai saat musim panas tiba. Konon, para penulis, filsuf, dan kaum intelektual kerap berkumpul di kafe atau bar di sekitar alun-alun setelah memberikan atau menghadiri ceramah di Sorbonne University.

Place de la Concorde

Ikonis dengan Luxor Obelisk, monumen berusia 3.000 tahun yang berasal dari Mesir kuno, Place de la Concorde adalah alun-alun yang selalu ramai dengan lalu lintas dan menjadi salah satu akses menuju Champs-Elysées, Tuileries Gardens, dan Louvre Palace. Awalnya diresmikan sebagai Place Louis XV pada 1755, namun diganti namanya menjadi Place de la Concorde pada 1795 sebagai isyarat rekonsiliasi dan perdamaian pasca revolusi Prancis.

Place de la République

Alun-alun kerap menjadi langganan tempat massa menggelar demonstrasi, konser, pertunjukan, bahkan pesta dansa. Bagi sebagian warga Paris, Place de la République dianggap sebagai simbol demokrasi Prancis. Dengan luas mencapai delapan hektar, alun-alun ini identik dengan patung perunggu Marianne, yang menjadi simbol kebebasan, kesetaraan, dan kebebasan. Saat acara titik balik matahari, Fete de la Musique yang diadakan setiap tahun pada 21 Juni, panggung besar akan dibangun di sini dan banyak orang berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan gratis.

Place de la Bastille

Alun-alun ini ikonis dengan Penjara Bastile yang tersohor sebagai simbol Revolusi Prancis pertama pada 1789. Terdapat monumen penting di Place de la Bastille, yaitu Colonne de Juillet yang dibangun pada 1840 untuk memperingati perang revolusioner yang terjadi satu dekade sebelumnya. Di bagian atas monumen terdapat patung emas yang mewakili semangat kebebasan.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here