Taman Nasional di Taiwan Jadi Urban Quiet Park Pertama di Dunia

0
1828

Taiwan dengan populasi lebih dari 23 juta penduduk merupakan salah satu tempat di dunia yang paling padat. Sulit membayangkan ketenangan dan kesunyian di tempat ini, apalagi di ibu kotanya yang seakan tak pernah tidur.

Namun di sebelah utara Taipei, terdapat sebuah taman nasional yang terkenal akan suasananya yang tenang. Tempat yang diberi nama Yangmingshan National Park ini bahkan diberi predikat sebagai Urban Quiet Park pertama di dunia oleh lembaga nonprofit asal California, Quiet Parks International (QPI)

Urban Quiet Park dapat didefinisikan sebagai tempat alami di area atau dekat dengan area perkotaan yang menawarkan ketenangan untuk masyarakat. Yangmingshan National Park dengan lanskap pegunungan, sumber mata air panas yang terkenal, hutan yang dipenuhi jalur hiking, dan suara merdu katak serta burung blue magpie Taiwan (Urocissa caerulea) memenuhi kriteria dari Urban Quiet Park ini. Sertifikasi Yangmingshan National Park sebagai Urban Quiet Park akan dilakukan pada 5 Juni, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Yangmingshan National Park merupakan salah satu taman nasional paling indah di Taiwan. Tidah heran jika tempat ini sering menjadi tujuan liburan bagi warga lokal maupun wisatawan mancanegara. Ada banyak tempat yang dapat dikunjungi di dalamnya, seperti Lengshuikeng, sebuah area dengan sumber mata air panas. Di tempat ini, pelancong dapat melepas lelah dengan merendam kaki di kolam-kolamnya. Ada pula Qingtiangang dengan hamparan rerumputan hijau yang tebal. Tidak heran jika beberapa ekor kerbau memutuskan untuk menetap di tempat ini. Dari Qingtiangang, pelancong juga dapat menikmati pemandangan kota Taipei tanpa harus mendaki terlalu tinggi. 

Ada berbagai faktor yang harus dipenuhi untuk mendapatkan predikat sebagai Urban Quiet Park. Salah satunya adalah suara alam yang harus mendominasi tempat tersebut. Berada di dekat area perkotaan, hampir tidak mungkin bila suara hiruk pikuk kota tidak terdengar sama sekali dari taman-taman ini. Oleh karena itu, QPI menetapkan intensitas suara maksimum sebesar 45 desibel untuk suara perkotaan. Secara umum, intensitas 45 desibel terdengar seperti suara bisikan, mirip dengan yang biasa terdengar di perpustakaan.  

Selain intensitas suara, QPI juga mempertimbangkan kesan visual yang tenang dengan struktur buatan yang sangat sedikit dalam proses sertifikasinya. Urban Quiet Park bukan hanya soal tingkat desibel, tapi juga kemampuan taman tersebut untuk membuat para pengunjungnya merasakan kedamaian. Hal terpenting yang harus dicapai dari taman-taman ini adalah memberikan akses ke tempat yang tenang. 

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here