Dari Mobil Terbang hingga Pesawat Presiden, Intip Yuk Museum Penerbangan Ini

Dengan pandemi corona dan aturan perjalanan lintas negara yang diperketat, banyak maskapai menangguhkan layanan penerbangan komersilnya. Untungnya, banyak tempat yang telah menyediakan program wisata virtual. Bagi pecinta pesawat, mungkin Anda akan tertarik berkunjung secara daring ke museum-museum penerbangan ini.

  1. The Museum of Flight

The Museum of Flight di Tukwila, Washington telah ditutup untuk umum sejak awal Maret 2020. Meski tidak bisa dikunjungi secara langsung, museum ini memiliki banyak pilihan untuk tur virtualnya. Anda cukup masuk ke situs ini dan memilih pesawat yang hendak dijelajahi. Salah satunya yang menarik dikunjungi adalah Boeing VC-137B, pesawat kepresidenan Amerika Serikat pertama.

The Museum of Flight juga membagikan video-video informatif yang dibawakan dengan cara menyenangkan di channel Youtube mereka. Dalam serial Curator on the Loose, Anda bisa menonton para kurator senior menjelaskan berbagai pesawat koleksi museum. Jangan lewatkan penjelasan tentang Taylor Aerocar III, mobil terbang versi 1950 yang benar-benar berfungsi.

  1. Wings Over the Rockies Air & Space Museum

Museum yang terletak di Denver, Colorado ini punya banyak konten video di channel Youtube-nya. Anda akan diajak masuk ke dalam museum dan melihat koleksi pesawat dan helikopter ditemani seorang pemandu berpengalaman. Tiap video akan membahas satu model pesawat secara spesifik sehingga Anda bisa mendapatkan informasi yang menyeluruh. Jangan khawatir, meski penuh informasi, bahasa yang digunakan cukup ringan.

Bukan hanya tentang pesawat, video-video di channel Youtube ini juga menyoroti orang-orang yang ada di balik kemudi dalam serial Behind the Wings. Terbaru, ada video tentang misi pendaratan bulan (Project Apollo) dan rahasia militer AS North America Aerospace Defense Command. Selain itu, Wings Over the Rockies Air & Space Museum juga punya program menarik yang mengajarkan orang cara membuat berbagai jenis pesawat terbang dari kertas. Anak-anak, dan bahkan orang dewasa, pasti akan menikmati acara ini.

  1. International Women’s Air & Space Museum

International Women’s Air & Space Museum di Cleveland, Ohio menyimpan banyak koleksinya secara daring. Memang belum semuanya, tapi ada cukup banyak gambar artefak, foto, artikel, tulisan, hingga lukisan yang dapat dinikmati. Koleksi ini menyoroti wanita-wanita berjasa di dunia penerbangan, dari yang terkenal hingga yang jarang dibicarakan. Salah satu artikel yang menarik dibaca adalah karya Harriet Quimby, wanita pertama yang mendapatkan lisensi pilot di AS. Artikel tersebut dapat diakses di laman ini.

Beberapa koleksi kebanggaan museum ini menyangkut Amelia Earhart, pionir penerbangan AS dan wanita pertama yang terbang melintasi Samudra Atlantik. Museum ini memiliki foto-foto Earhart bersama keluarganya, teman-temannya, dan tentu saja pesawatnya. Bahkan ada pula foto Earhart yang sedang berkebun, sesuatu yang jarang terlihat dari wanita yang biasa menghabiskan waktunya di pesawat atau bertemu orang-orang penting ini.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here