Usir Bosan sambil Selamatkan Terumbu Karang dengan Game Terbaru NASA

Anda yang sedang bosan di rumah dapat mencoba bermain video game terbaru keluaran NASA. Game yang diberi nama NeMO-Net ini mengajak para pemainnya menjelajahi dasar laut yang luas dengan segala keindahan alamnya. Permainan yang mudah dan menyenangkan ini bisa dinikmati oleh semua orang dari segala kalangan usia. Sambil bermain, Anda juga dapat membantu NASA menyelamatkan terumbu-terumbu karang di dunia.

Dalam ekspedisi virtual ini, para pemain akan diajak masuk ke bawah laut dengan kapal penelitian Nautilus. Ketika menjelajahi lautan luas dengan kapal ini, para pemain dapat melihat terumbu-terumbu karang yang tumbuh di dasarnya. Terumbu karang dalam game ini merupakan cerminan dari kondisinya di dunia nyata. Gambar-gambarnya diambil menggunakan teknologi terbaru bernama kamera fluid-lensing. Dengan teknologi ini, distorsi yang disebabkan oleh gelombang laut pun bisa dihilangkan sehingga tercipta gambar yang jelas dan tajam.

Kamera fluid-lensing memang sudah berhasil menangkap gambaran bawah laut yang jernih dengan skala yang sesuai. Namun, teknologi ini tidak dibuat untuk mengidentifikasikan dan mengelompokkan terumbu karang, alga, pasir, dan benda-benda bawah laut lainnya. Di sinilah para pemain NeMO-Net berperan. Para pemain dapat membantu memetakan sebaran terumbu karang di dunia hanya dengan sentuhan jari. Setiap kali “menyelam”, pemain akan menemukan berbagai terumbu karang dan isi laut lainnya yang harus diidentifikasi. Caranya mudah, pemain hanya perlu menandai tiap-tiap bagian dasar laut dengan warna yang berbeda. Pemain juga dapat melacak progress dalam game ini, mendapat lencana partisipasi, dan mengakses video pendidikan tentang kehidupan di dasar laut.

Data yang didapatkan dari para pemain akan dikirimkan ke superkomputer NASA Pleiades. Dengan data ini, superkomputer Pleiades akan menggunakan teknik machine learning untuk belajar mengidentifikasikan terumbu-terumbu karang itu sendiri. Semakin banyak orang yang bermain NeMO-NET, semakin baik kemampuan pemetaannya. Setelah berhasil mengklasifikasikan terumbu karang dari data game tersebut, superkomputer Pleiades akan dapat memetakan terumbu karang di seluruh dunia. Hasil pemetaan ini dapat digunakan oleh para ilmuwan untuk lebih memahami apa yang terjadi pada terumbu karang dan bagaimana cara melestarikannya.

Terumbu karang di perairan dangkal tropis dan subtropis merupakan ekosistem yang paling kompleks dan beragam di planet ini. Para ilmuwan memperkirakan bahwa banyaknya spesies yang tinggal dalam terumbu karang tidak kalah dari spesies yang ada di hutan hujan tropis. Terumbu karang juga berperan dalam memerangi penyakit. Ekosistem laut, khususnya terumbu karang, sering dianggap sebagai lemari obat abad ke-21. Organisme laut seperti spons, moluska, dan lain-lain yang tinggal dalam terumbu karang memiliki kontribusi besar dalam pembuatan obat-obatan modern, termasuk untuk HIV dan kanker.

Saat ini, kelestarian terumbu karang terancam oleh naiknya suhu laut, polusi, dan pengasaman laut. Para ilmuwan sedang mencari lebih banyak data untuk memahami respon terumbu karang pada perubahan-perubahan dunia ini. Pemetaan terumbu karang tidak pernah lebih penting dan mendesak dari saat ini. Untuk berpartisipasi, Anda hanya perlu mengunduh game NeMO-Net yang sudah tersedia di App Store dan akan segera diluncurkan dalam waktu dekat di Google Play Store.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here