5 Taman Botani yang Wajib Dikunjungi Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Dari sekian banyak atraksi yang ada di suatu destinasi, taman botani merupakan salah satu yang biasanya masuk dalam daftar kunjung. Alasannya biasanya tak jauh-jauh dari harganya yang relatif lebih murah ketimbang masuk taman hiburan, selain pengunjung pun bisa melewatkan waktu seharian di sana bersama keluarga.

Selalu ada area yang menarik untuk segala usia, seperti taman kupu-kupu, dan beberapa tempat juga menawarkan kafe atau restoran untuk duduk-duduk santai sambil makan dan menikmati pemandangan. Sejumlah taman juga memiliki pameran menarik, sehingga sebaiknya sebelum datang, cek dahulu kalendar acara yang tengah berlangsung.

Yuk, kita lihat beberapa taman botani yang bisa jadi inspirasi liburan selanjutnya!

  1. Royal Botanic Gardens

Royal Botanic Gardens berada di Kew, Inggris. Taman ini dipenuhi oleh lebih dari 50.000 tanaman, dengan banyak di antaranya yang bahkan tidak terbayangkan ada di Inggris. Variasi tanaman ini bisa tumbuh subur berkat keberadaan rumah kaca Princess of Wales Conservatory yang dilengkapi teknologi pengatur iklim.

Ada beberapa zona dalam rumah kaca ini, masing-masing dengan pengaturannya sendiri. Satu zona didedikasikan khusus untuk tanaman karnivora, seperti Venus flytrap, sementara lainnya untuk tanaman-tanaman tropis kering seperti kaktus dan succulent. Ada pula zona yang dibuat cukup lembap dengan iklim tropis untuk menjadi habitat Victoria amazonica, teratai terbesar di dunia.

Royal Botanic Gardens juga memiliki taman batu dengan air terjun bertingkat di dalamnya, serta arboretum atau tempat berbagai pohon ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan pendidikan. Koleksi pohon di sini mencapai 14.000 batang, termasuk giant redwood dan black locust yang berusia ratusan tahun. Dari ujung taman, Anda juga dapat melihat hutan indah dengan jalan setapak kecil di antara ribuan bunga yang terhubung dengan Sungai Thames.

  1. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens merupakan taman tropis satu-satunya yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman seluas 80 hektar ini menerima jutaan pengunjung setiap tahunnya, yang kebanyakan tertarik dengan spot-spot foto cantik yang tersedia di taman ini, mulai dari gazebo di tepi danau, taman bonsai, pohon-pohon buah yang subur, dan bunga-bunga kamboja dengan harum semerbak.

Jangan lewatkan berkunjung ke National Orchid Garden di dalam taman botani ini. Seluas tiga hektar, kebun anggrek ini merupakan yang terluas di dunia dengan lebih dari 1.000 spesies anggrek liar dan 2.000 anggrek hibrida.

  1. Jardim Botânico

Terletak di Rio de Janeiro, Brasil, taman botani ini memiliki reputasi sebagai taman tropis terbaik di dunia. Ada sekitar 7.000 spesies tanaman tropis yang kebanyakan berasal dari Brasil.

Area Avenue of Royal Palms adalah salah satu yang menjadi favorit wisatawan. Tapi kebun bromelia dan taman tradisional Jepang yang ada di sini juga tidak boleh dilewatkan. Jangan lupa untuk membawa teropong ke sini karena ada lebih dari 100 spesies burung yang menghuni taman ini.

  1. Kirstenbosch National Botanical Garden

Pemandangan taman botani yang terletak di Cape Town, Afrika Selatan ini memang tidak ada tandingannya. Dari tempat ini, terlihat pemandangan Table Mountain National Park yang megah dan memesona.

Seluas 528 hektar, Kirstenbosch National Botanical Garden menampilkan lebih dari 7.000 koleksi tanaman yang kebanyakan merupakan tanaman asli Afrika Selatan. Bunga protea dan tanaman cycad memenuhi taman ini, membuatnya tampak indah seperti pemandangan di kartu-kartu pos. Selain melihat kebun yang indah, Anda juga dapat mendaki gunung, bersepeda, piknik di halamannya yang luas, dan berjalan di jembatan tree-top yang memanjang di antara pepohonan.

  1. Missouri Botanical Garden

Didirikan pada 1859, taman botani di St. Louis, Missouri ini merupakan yang tertua di Amerika Serikat. Area di taman ini yang paling terkenal adalah Climatron, sebuah rumah kaca dengan iklim hutan hujan tropis yang dilengkapi pepohonan tropis dan akuarium menyerupai sungai yang dipenuhi ikan-ikan eksotis. Ada lebih dari 2.800 tumbuhan di dalamnya, termasuk pohon cokelat dan kopi.

Tempat-tempat lain yang tidak boleh dilewatkan adalah taman tradisional Jepang dan taman kupu-kupu dengan 60 lebih spesies kupu-kupu dan 100 spesies tanaman eksotis.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here