Yuk, Buat Vision Board untuk Liburan Berikutnya!

Suka tidak suka, saat ini kita harus diam di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Semua rencana perjalanan harus ditunda untuk sementara waktu. Namun, bukan berarti Anda harus berhenti merencanakan liburan impian Anda. Malah, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menyempurnakan setiap detail kecil dari rencana perjalanan selanjutnya. Supaya makin menyenangkan, rencana liburan ini bisa Anda tuangkan dalam vision board!

Istilah vision board mungkin belum dikenal banyak orang. Vision board ini merupakan wadah untuk menempatkan semua rencana perjalanan, ide, dan inspirasi liburan dalam bentuk yang menarik. Jadi selain untuk menempatkan rencana perjalanan Anda, vision board juga bisa dijadikan pajangan rumah baru. Apalagi jika vision board dibuat pada kertas karton besar yang bisa digantung. Namun jika ingin membuatnya dalam skala kecil, Anda juga bisa memanfaatkan buku atau jurnal kecil.

Jadi, bagaimana cara mulai membuatĀ vision board ini? Pertama, tentu Anda harus menentukan dulu apa yang mau dimasukkan ke dalam vision board. Anda bisa membuat vision board khusus untuk satu negara, atau beberapa negara bila berencana liburan ke banyak tempat dalam satu perjalanan. Kalau belum punya bayangan nyata soal isi dari vision board Anda, sebaiknya buat sketsanya terlebih dahulu di kertas kosong. Setelah memiliki bayangan yang jelas, barulah tuangkan ide-ide tersebut ke dalam medium pilihan Anda.

Kumpulkan berbagai foto, gambar, dan pernak-pernik lainnya untuk mengisi vision board Anda. Jika sudah pernah berkunjung ke tempat tersebut, Anda juga bisa menggunakan foto-foto lama, kartu pos, tiket kereta, atau mata uang asing sebagai hiasan. Jika belum, Anda bisa menggunakan foto-foto yang mirip dengan destinasi liburan Anda. Misalnya, memanfaatkan foto pantai lama Anda untuk rencana liburan selanjutnya. Pastikan saja untuk menambahkan catatan di samping foto dan gambar supaya tidak lupa lokasi mana yang dimaksud.

Untuk vision board berisi rencana perjalanan ke beberapa negara, Anda juga bisa menggunakan gambar peta dunia. Cara ini tidak hanya cepat dan mudah, tapi juga akan terlihat indah. Tempelkan foto-foto destinasi tujuan Anda pada peta sesuai lokasinya, dan tambahkan catatan-catatan kecil di sampingnya. Anda juga bisa menambahkan gambar landmark ikonik di tiap-tiap negara. Untuk memperjelas rute perjalanan di vision board ini, Anda dapat menuliskan nomor atau menambah garis-garis yang menghubungkan tiap tempat.

Membuat vision board tidak hanya menjadi kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi sesuatu yang menginspirasi dan dinanti-nantikan. Melihat foto-foto destinasi wisata, mengumpulkan ide, hingga menyusun rencana liburan selanjutnya dapat memberikan harapan untuk kehidupan setelah pandemi corona berakhir.

Jangan terlalu terpaku membuat vision board yang sempurna. Yang terpenting adalah Anda menikmati waktu dan tiap langkah pembuatannya. Selamat mencoba membuat vision board kreasi Anda sendiri!

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here