Yuk, Saksikan Keindahan Super Pink Moon Malam Ini!

Dengan virus corona yang tengah menjangkit hampir seluruh negara di dunia, orang-orang terpaksa berdiam diri di rumah. Untungnya, ada fenomena alam yang bisa dinikmati langsung dari rumah. Salah satunya yang tidak boleh dilewatkan di bulan April ini adalah Super Pink Moon yang puncaknya berlangsung pada 8 April 2020. Dengan berkurangnya polusi udara di dunia, supermoon ini akan terlihat lebih jelas dan terang dari biasanya.

Supermoon terjadi ketika bulan purnama berada di posisi terdekatnya dengan bumi. Efeknya, bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Bahkan, Super Pink Moon yang terjadi April ini dikabarkan akan menjadi purnama yang paling besar dan terang sepanjang tahun 2020. Dibandingkan purnama biasa, Super Pink Moon terlihat 7 persen lebih besar dan 15 persen lebih terang. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menikmati pesona bulan dengan tampilan kawah-kawah di permukaannya.

Meski bernama Super Pink Moon, bukan berarti bulan akan terlihat berwarna merah muda ketika diamati. Bulan purnama akan tetap berwarna oranye keemasan saat rendah di langit, lalu semakin terang sehingga menjadi putih saat posisinya semakin tinggi. Penamaan Super Pink Moon ini muncul dari suku asli Amerika, yang menamakannya berdasarkan bunga phlox subulata. Bunga berwarna merah muda ini banyak bemekaran di musim semi, terutama di bulan April, di wilayah Amerika Utara. Penamaan bulan purnama memang biasa mengikuti budaya atau kejadian yang terjadi di suatu wilayah, seperti penamaan Super Pink Moon ini.

Menurut keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena Super Pink Moon sudah bisa dinikmati mulai 7 April. Di senja hari, Anda dapat melihat bulatan bulan dengan ukuran besar di langit timur. Pada waktu ini, bulan sedang bergerak menuju jarak terdekatnya dengan bumi. Baru pada 8 April pukul 01:08 WIB, bulan benar-benar berada di jarak terdekatnya. Namun, bulan baru berada di fase purnamanya 8 jam 27 menit kemudian, di pukul 09:35 WIB. Meski masyarakat Indonesia tidak bisa melihat fenomena Super Pink Moon secara penuh, bulan ini tetap akan tampak sangat besar dan cerah sehingga layak untuk ditunggu.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here