Tiket.com Pastikan Seluruh Pengajuan Pengembalian Dana Ditangani

Penyebaran pandemi COVID-19 telah menyebabkan pembatasan perjalanan ke berbagai negara dan daerah-daerah di Indonesia. Physical distancing adalah salah satu bentuk usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Untuk mengikuti anjuran pemerintah, akan lebih baik jika masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak agar tetap berdiam diri di rumah dan menghindari perjalanan jarak jauh.

Bagi pelanggan tiket.com yang telah membeli dan memiliki tiket pesawat atau reservasi hotel, tidak perlu khawatir, tiket.com akan membantu semua pengajuan pengembalian dana. Namun, selama masa pandemi COVID-19, permintaan bantuan yang masuk ke Customer Care tiket.com mengalami lonjakan yang sangat signifikan sehingga waktu untuk merespons permintaan bantuan pun lebih lama.

Sebelumnya, tiket.com telah menyebutkan tiga channel pilihan untuk pengajuan pengembalian dana, yaitu Whatsapp, surel, dan telepon. Namun, di tengah tingginya permintaan bantuan yang masuk, tiket.com menyarankan untuk menghubungi Customer Care melalui platform surel dan Whatsapp sebagai pilihan utama. Jangan lupa untuk menginformasikan Order ID dan detail perubahan yang diinginkan agar setiap permintaan bantuan yang masuk tercatat di sistem tiket.com dan segera ditindaklanjuti.

Setelah mengajukan permintaan bantuan, pelanggan juga diimbau untuk tidak melakukan pengulangan permintaan bantuan berkali-kali untuk nomor Order ID yang sama. Hal ini untuk menghindari lebih panjangnya antrean permintaan bantuan di Customer Care tiket.com dan penanganan bantuan yang lebih lama karena verifikasi yang harus berulang. Pelanggan cukup menunggu Customer Care tiket.com untuk menghubungi dengan mengecek surel atau Whatsapp secara berkala.

Namun, bagi pelanggan tiket.com yang ingin mempersingkat waktu, disarankan mengajukan pembatalan pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan melakukan pengajuan secara mandiri melalui fitur Smart Refund yang tersedia di aplikasi tiket.com.

Untuk pengajuan menggunakan fitur Smart Refund dapat dilakukan dengan cara membuka My Order, lalu pilih penerbangan ke destinasi yang terkena dampak wabah atau larangan perjalanan, kemudian klik opsi Refund, dan pilih alasan Force Majeure. Baca informasi lengkap tentang pengajuan refund di sini.

Untuk pembatalan pemesanan hotel, pelanggan dapat mengajukan refund melalui aplikasi tiket.com, hanya jika pemesanan hotel bersifat refundable atau dapat dikembalikan berdasarkan kebijakan hotel. Untuk melihat status hotel yang dipesan refundable atau tidak, pelanggan bisa melihat pada ketentuan pembatalan di dalam etiket di bagian kebijakan pembatalan.

Waktu Penanganan Permintaan Bantuan di tiket.com

Sebagai bagian dari komitmen tiket.com dalam membantu pelanggannya, berikut ini adalah waktu penanganan permintaan bantuan di tiket.com yang bisa menjadi acuan pelanggan dalam menunggu proses refund. 

  • Jika jadwal keberangkatan di tiket pelanggan kurang dari 72 jam, maka permohonan akan diproses maksimal dalam 72 jam.
  • Jika jadwal keberangkatan di tiket pelanggan masih lebih dari 72 jam, maka permintaan akan diproses dalam waktu 72 jam sebelum tanggal keberangkatan tersebut.
  • Untuk pelanggan yang sudah mengajukan refund untuk tanggal penerbangan yang sudah berlalu, pihak tiket.com akan tetap memproses pengajuan refund. Pelanggan akan dihubungi kembali melalui surel dalam waktu 72 jam.

Teks: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here