Deretan Bangunan di Porto Ini Punya Desain Terbaik, Begini Penampakannya

Selain dikenal sebagai produsen wine, Porto di Portugal indah dengan bangunan-bangunan berarsitektur terbaik di dunia. Dari katedral dengan ukiran kayu yang dilapisi emas setengah ton, hingga toko buku yang menjadi inspirasi film waralaba, inilah bangunan-bangunan terbaik di Porto yang memuaskan kekaguman pejalan akan dunia arsitektur, seni, dan sejarah.

Stasiun São Bento

Stasiun São Bento terletak dekat katedral, balai kota, dan tepi sungai. Pejalan yang tiba di Porto menggunakan kereta api akan berjalan melalui aula stasiun nan megah, yang dihiasi 20.000 azulejos (ubin yang dicat biru) yang menceritakan peristiwa penting dalam sejarah Portugis. Sebelum bergegas menuju peron, luangkan waktu beberapa menit untuk menghargai karya seni yang dirampungkan dalam waktu satu dekade.

Porto Cathedral

São Bento bukan satu-satunya tempat di kota ini yang menampilkan karya azulejos, hanya beberapa beberapa menit jalan kaki dari stasiun, pejalan tiba di Porto Cathedral, yang juga dipercantik jajaran ubin yang dicat biru. Beberapa bagian dari bangunan gereja berasal dari abad 12, yang sekilas menyerupai benteng dan dibangun di titik tertinggi Porto. Pejalan dapat memasuki bagian utama katedral tanpa dikenakan biaya, tapi jika ingin menikmati serambi dan museum gereja, pengunjung akan dikenakan tiket masuk tiga euro.

Stock Exchange Palace

Tepat di samping gereja Saint Frances, Stock Exchange Palace (Bolsa Palace) berdiri kokoh, yang mulai dibangun pada 1842, tetapi bagian interiornya baru rampung 70 tahun kemudian. Tidak lagi berfungsi sebagai bursa saham, bangunan bergaya neoklasik ini lebih sering digunakan untuk acara-acara resmi dan upacara. Identik dengan kubah besar yang menutupi Hall of Nations, bangunan ini memiliki Arab Room yang ikonik, yang didesain dengan gaya Moor yang mewah dan membutuhkan waktu 20 tahun untuk menyelesaikannya karena menampilkan detil seni yang luar biasa.

Katedral São Francisco

Katedral São Francisco (Church of Saint Frances) adalah salah satu bangunan paling indah di Porto, yang dibangun pada abad ke 14 dan 15. Tidak lagi difungsikan sebagai tempat ibadah resmi, tetapi direstorasi sebagai daya tarik bagi pengunjung. Eksterior gotik yang relatif polos bersanding dengan setengah ton emas yang digunakan untuk menghiasi interior gereja yang mengagumkan. Sebagian besar dekorasi berasal dari abad 17 dan 18, dengan ukiran kayu berlapis emas yang rumit, yang menutupi dinding hingga langit-langit dan diakui sebagai salah satu karya seni terbaik di negara ini.

Lello Bookshop and Cafe

Merupakan salah satu toko buku paling indah di dunia, yang ikonik dengan tangga spiralnya yang artistik. Berkat interiornya yang memukau, Lello Bookshop and Cafe menjadi inspirasi untuk perpustakaan Hogwarts Harry Potter, didukung gaya Art Deco-nya yang menakjubkan. Berdiri selama lebih dari seabad, toko buku ini menjadi populer di kalangan pengunjung, terutama bagi penggemar buku dan film Harry Potter.

Torre dos Clérigos 

Jika tidak keberatan menaiki 225 anak tangga menuju Torre dos Clérigos (Cleric’s Tower) di pusat kota Porto, pejalan dapat menikmati pemandangan spektakuler Porto. Pembangunan menara lonceng bergaya Barok ini dimulai pada 1763, dengan menara setinggi 250 kaki yang mendominasi lingkungan sekitarnya. Selain menara, di dalamnya juga terdapat museum dengan tiket masuk empat euro.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here