Bandara Hong Kong Kerahkan Robot Sterilisasi untuk Membersihkan Area Bandara

Bandara Internasional Hong Kong mengerahkan beberapa robot yang dapat beroperasi otomatis untuk membersihkan area umum, sebagai bagian dari langkah pengamanan melindungi penumpang dan pekerja bandara terhadap penyebaran virus corona. Otoritas Bandara Hong Kong (AAHK) mengatakan Bandara Hong Kong adalah bandara pertama di dunia yang menggunakan robot sterilisasi.

Robot yang disebut Whiz dan Intelligent Sterilization Robot (ISR) telah digunakan di bandara untuk membersihkan dan disinfeksi area umum, seperti toilet, menggunakan sinar UV untuk membasmi kuman. Setiap ISR memiliki kepala yang dapat berputar 360 derajat untuk menyemprotkan disinfektan dan tubuh yang dilapisi lampu yang memancarkan sinar ultraviolet.

Penggunaan robot strerilisasi ini diyakini dapat mensterilkan hingga 99,99 persen bakteri dan virus di udara, juga di permukaan benda hanya dalam 10 menit. Robot yang memancarkan pencahayaan ultraviolet dilaporkan telah digunakan di rumah sakit untuk membunuh mikroba, seperti yang dilaporkan BBC. Sinar ultraviolet menghancurkan bakteri, virus, dan mikroba berbahaya lainnya dengan merusak DNA dan RNA mereka, sehingga tidak dapat berkembang biak.

Bandara ini juga menggunakan lima robot Whiz yang merupakan robot penyapu otomatis yang membersihkan lantai terminal bandara. Selain meningkatkan kinerja pembersihan, robot Whiz juga membantu meningkatkan produktivitas operasional karena staf kebersihan dapat dialokasikan ke tugas pembersihan lainnya. Selama proses sterilisasi dengan cahaya UV, area pembersihan ditutup untuk mencegah pelancong di bandara melakukan kontak dengan robot dan cahayanya.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here