Langkah Pengamanan Vietnam Airlines Selama Pandemik Virus Corona Berlangsung

Sejak pertengahan Maret 2020, Vietnam Airlines menghentikan sementara semua penerbangan internasionalnya hingga 30 April 2020 karena pandemik Covid-19. Maskapai ini memberi imbauan kepada penumpangnya yang berencana bepergian selama periode ini untuk memeriksa jadwal penerbangannya di situs resmi Vietnam Airlines atau melalui aplikasi untuk menyesuaikan rencana perjalanan. Vietnam Airlines menghapus biaya dan ketentuan untuk perubahan waktu keberangkatan yang terkena dampak penutupan sementara rute internasional yang dikeluarkan sebelum 25 Maret 2020.

Selain itu, Vietnam Airlines juga melakukan langkah penyemprotan dan pembersihan seluruh armadanya dengan disinfektan setiap hari setelah mendarat di Hanoi, Da Nang, dan Ho Chi Minh City. Maskapai nasional Vietnam itu melakukan prosedur disinfeksi yang mencakup dua langkah, yaitu penyemprotan disinfektan pada pesawat dan peralatan pembersih dengan cairan khusus. Proses penyemprotan dilakukan secara menyeluruh di semua kabin penumpang, kokpit, area dapur, dan khususnya pada permukaan yang sering disentuh, seperti kompartemen overhead, sandaran tangan, headphone, tombol, dan sebagainya.

Armada pesawat akan dioperasikan 30 menit setelah proses disinfeksi dan disanitasi dilakukan. Penyemprotan disinfektan ke semua armada juga dilakukan sehari sebelum beroperasi, dengan membiarkan disinfektan terendam semalaman untuk memaksimalkan efeknya. Semua prosedur dan bahan kimia yang digunakan untuk disinfeksi dan sanitasi pesawat sudah sesuai dengan standar sektor kesehatan dalam penerbangan, yang menggunakan CH2200 dan Netbiokem DSAM yang tidak menimbulkan risiko kesehatan penumpang.

Maskapai ini juga menerapkan langkah-langkah pencegahan lain sebelum lepas landas, seperti melakukan pemeriksaan kesehatan penumpang di bandara, menolak membawa penumpang yang menunjukkan gejala-gejala tertentu, dan mengatur kursi yang berjarak terpisah satu sama lain jika memungkinkan.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here