Pesona Pantai Patokan di Antara Dua Tebing Batu

Google Maps/Anggreini Brenda Tendean

Dari atas tebing batu, terlihat keindahan pantai berpasir putih dengan deburan ombak kebiruan yang terus-menerus menyapu bibir pantai. Pantai Patokan, itulah namanya. Pantai indah yang belum banyak dikenal masyarakat ini terletak di Sulawesi Utara. Berada di tengah tebing-tebing batu yang menjulang tinggi membuat Pantai Patokan sering dibandingkan dengan Maya Bay di Ko Phi Phi Lee, Thailand. Pesona pantai yang menyempil di antara dua tebing ini pasti membuat wisatawan tertegun begitu melihat keindahannya.

Sebelum turun menikmati hamparan pasir halus Pantai Patokan, wisatawan bisa duduk-duduk terlebih dahulu di pinggir tebing. Keindahan Pantai Patokan dapat terlihat jelas dari atas sini. Lokasi batu tebing juga bagus untuk dijadikan spot foto untuk mendapatkan pemandangan Pantai Patokan secara sempurna. Tebing ini mengelilingi tiga bagian pantai sehingga ada banyak foto dengan latar belakang berbeda yang bisa diambil dari atas sini. Dari sisi mana pun, pantai ini akan terlihat indah.

Instagram @viqiyusuf

Setelah puas menikmati keindahan pantai dan laut biru dari ketinggian, wisatawan bisa beranjak turun dari atas tebing. Jalan turun ini memang sedikit ekstrim karena belum adanya anak tangga di sisi tebing. Wisatawan harus memanfaatkan tumpukan batu yang terbentuk alami sambil berpegangan pada semak-semak dan ilalang yang tumbuh di celah-celah batu. Meski memerlukan perjuangan, semua itu akan terbayar dengan keindahan Pantai Patokan.

Kebanyakan wisatawan memanfaatkan waktu di Pantai Patokan untuk berfoto. Salah satu spot foto favorit wisatawan adalah di tengah pantai dengan tebing batu yang berdiri memanjang di sisi kiri dan kanannya hingga ke tengah laut. Tebing ini memberi kesan bingkai alami yang cantik sehingga banyak diminati oleh para fotografer. Karena belum terlalu ramai, berpose di tengah pantai tanpa gangguan pengunjung yang berlalu-lalang juga tidak terlalu sulit. Jika bosan mengambil pemandangan laut, coba putar arah kamera menuju dinding batu yang membelakangi pantai. Bergeser sedikit saja, wisatawan bisa menemukan spot foto baru dengan pemandangan yang tidak kalah menarik.

Instagram @vanessamarsellinaa

Selain berfoto, masih ada kegiatan lain yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Pantai Patokan. Wisatawan bisa berenang di lautnya yang jernih dan menikmati keindahan pemandangan bawah air yang ditawarkan oleh pantai ini. Saking jernihnya air di Pantai Patokan, ikan hias dan terumbu karang dapat dilihat dengan mata telanjang dari permukaannya. Beberapa bagian laut juga tidak begitu dalam karena dipenuhi batuan sehingga cocok dijadikan tempat duduk-duduk dan bersantai.

Pantai Patokan terletak di Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Untuk berkunjung ke Pantai Patokan, wisatawan bisa mengambil arah dari Bolaang Mongodow Timur dengan waktu tempuh 15-20 menit, dari Kotamobagu sekitar satu sampai dua jam perjalanan, atau dari pusat kota Manado yang memerlukan waktu tempuh hingga lima jam. Perjalanan dengan kendaraan bermotor akan berhenti di Desa Jiko dan harus dilanjutkan dengan menggunakan perahu untuk menyeberangi laut. Harga sewa perahu sekitar Rp 20.000 dengan waktu tempuh 15 menit.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here