Serunya Menelusuri Labirin Pelaihari di Kalimantan Selatan

Google Maps/Ivan Shah

Mau coba wisata unik dan menantang? Yuk, coba taklukkan jalur berliku-liku penuh jebakan di Labirin Pelaihari, Kalimantan Selatan.

Dapat dinikmati semua orang dari berbagai kalangan usia, jalan keluar yang harus ditemukan di labirin ini cukup sulit dan menantang. Ada banyak jalan berkelok-kelok yang berujung di jalan buntu. Semua lorong yang terbentuk dari semak-semak ini juga tampak sama, sehingga terasa semakin membingungkan. Jangan berharap dapat mengintip rutenya dari atas, karena dinding tanaman pun cukup tinggi, yakni sekitar 1,8 meter. Namun jangan khawatir, pelan-pelan jalan keluar dari labirin ini pasti bisa ditemukan.

Google Maps/Surya Atmaja

Di tengah labirin, pengunjung akan menemukan lahan terbuka dengan menara tinggi di tengah-tengahnya. Pengunjung bisa naik ke atas menara ini dan melihat pemandangan indah Labirin Pelaihari dari ketinggian. Selain untuk melihat labirinnya, kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang lika-liku jalur labirin. Bicara soal foto, jangan lupa juga untuk berfoto di lorong-lorong labirinnya. Foto dari atas menara yang diarahkan ke pengunjung yang ada di labirin di bawahnya juga tidak kalah menarik pastinya.

Setelah berhasil keluar dari jebakan Labirin Pelaihari, pengunjung juga dapat menikmati atraksi lain yang ada di tempat wisata ini. Salah satunya adalah tempat penangkaran rusa tutul yang terletak tidak jauh dari area labirin. Ada juga danau buatan dengan pondok-pondok di tepiannya yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat sejenak. Jika ingin berkeliling danau, pengunjung bisa menyewa rakit yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Sayangnya, air danau ini kadang mengering di musim kemarau sehingga keindahannya menjadi berkurang. Tapi jangan khawatir, masih ada banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di Labirin Pelaihari. Ada area outbond yang luas beserta permainan flying fox, dan juga area perkemahan dengan biaya sewa terjangkau.

Google Maps/Christ Yabes

Labirin Pelaihari terletak di kawasan agrowisata seluas 105 hektar yang dikelola oleh Balai Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Terpadu (BP3T) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Alamatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani Km. 51, Tambang Ulang – Tanah Laut. Dari pusat kota Banjarmasin, tempat ini bisa dicapai dengan berkendara selama sekitar 1,5 jam. Taman Labirin Pelaihari buka setiap hari pukul 08:00-17:00.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here