Berenang dalam Ketenangan di Telaga Sunyi Baturraden

Bila sedang berlibur ke daerah Purwokerto, jangan lupa untuk mampir ke Telaga Sunyi Baturraden. Sesuai namanya, tempat ini menawarkan pemandangan telaga indah di tengah hutan yang jauh dari polusi udara dan hiruk-pikuk kehidupan kota. Sebuah tempat yang cocok bagi wisatawan yang sedang mencari ketenangan.

Telaga Sunyi Baturraden sebenarnya terletak tidak jauh dari salah satu atraksi utama di Kabupaten Banyumas, yakni Lokawisata Baturraden yang hanya sekitar 10 menit berkendara saja. Namun, lokasinya yang cukup tersembunyi oleh rindangnya pepohonan membuat Telaga Sunyi Baturraden belum banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan, tidak jarang wisatawan dapat menikmati keindahan telaga ini sendirian.

Pengunjung dapat berjalan di atas batuan besar yang mengelilingi telaga, atau sekadar duduk di tepiannya sambil menikmati suara deburan air terjun. Tumpukan batu di sekeliling telaga yang membentuk lereng dan gua-gua kecil juga dapat menjadi spot menarik bagi penyuka foto.

Air Telaga Sunyi Baturraden yang berwarna pirus dan nampak jernih ini memang mengundang untuk direnangi. Pengunjung bahkan dapat melihat tumpukan batu yang berada di dasar air dengan jelas. Namun, memang ada beberapa area yang tidak boleh dipakai berenang karena memiliki aliran air yang deras dan batuan besar yang cukup berbahaya.

Begitu masuk ke dalam air, wisatawan akan disambut oleh air sejuk yang menyegarkan tubuh. Anda dapat berenang santai menikmati dinginnya air, duduk-duduk di tengah telaga dengan memanfaatkan batuan yang ada, atau mandi di bawah air terjun yang mengisi telaga dengan air jernih asli pegunungan. Rasanya seperti berada di kolam renang pribadi dengan pemandangan yang tak ada duanya.

Bila ingin melihat keindahan Telaga Sunyi Baturraden lebih dalam lagi, pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling di sini dengan harga Rp 10.000 untuk setiap alat. Dengan kedalaman air berkisar tiga hingga lima meter, Anda tak hanya dapat menikmati pemandangan bebatuan di dasar telaga yang saling bertumpuk dan membentuk formasi yang indah, namun juga menemukan batu-batu kecil beraneka warna yang mengisi dasar telaga.

Telaga Sunyi Baturraden berada di Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Telaga ini masih berada di kawasan kaki Gunung Slamet dan kawasan hutan wisata Baturraden Banyumas. Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan angkutan kota dari terminal Purwokerto jurusan Baturraden. Wisatawan dapat langsung turun di terminal Lokawisata Baturraden, kemudian melanjutkan perjalanan sejauh 2,8 kilometer ke arah timur.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menyusuri Jalan Masjid ke arah Jalan Kabupaten, kemudian terus lurus ke Jalan Raya Baturraden hingga sampai di Telaga Sunyi Baturraden. Waktu yang diperlukan sekitar 30 menit berkendara dengan jarak tempuh 16 kilometer.

Telaga Sunyi Baturraden buka setiap hari pukul 07:00 hingga 17:00. Untuk masuk ke area wisata ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 13.000. Fasilitas di dalamnya sudah mencakup tempat istirahat, toilet, musala, serta tempat ganti dan bilas yang dapat digunakan untuk membersihkan diri setelah berenang.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here