Menikmati Pesona Pantai Tepi Danau di Aceh

Instagran @dardiridardak

Saat memandang keindahan alam Pantai Menye, wisatawan mungkin tidak menyadari ada keunikan dari destinasi wisata ini. Pantai ini memang tampak seperti pantai-pantai lainnya dengan pemandangan laut biru dan deburan ombak kecil yang tak pernah berhenti. Namun hamparan air yang luar biasa luas ini ternyata merupakan sebuah danau. Memang sulit dipercaya, apalagi ketika kita melihat pemandangan danau yang tampak tak berujung ini.

Pantai Menye terletak di sisi timur Danau Lut Tawar Gayo. Lokasinya di dataran tinggi Gayo membuat tempat ini selalu sejuk dan nyaman dikunjungi kapan saja. Bila melihat ke sekeliling danau, wisatawan akan menjumpai pemandangan gunung-gunung hijau yang menjulang tinggi, seakan sedang menjaga keasrian danau ini. Embusan angin dari celah-celah pegunungan inilah yang menciptakan deburan ombak yang jarang ditemukan di danau-danau lainnya.

Untuk menikmati keindahan Pantai Menye, wisatawan dapat naik ke atas dermaga kayu yang baru selesai dibangun awal tahun ini. Dermaga ini tidak berbentuk seperti dek kayu biasa, tapi dibuat meliuk-liuk sehingga membentuk spot yang unik dan Instagenik. Coba saja berfoto di salah satu sisi dermaga yang memiliki ujung lancip, wisatawan akan benar-benar terlihat sedang berada di atas perahu di tengah danau. Jangan cepat-cepat pulang setelah berfoto dengan latar belakang danau dan gunung yang memesona, Pantai Menye juga memiliki pemandangan matahari terbenam yang wajib diabadikan!

Instagran @zfmuch

Selain menjadi spot foto yang asyik, dermaga kayu ini juga dilengkapi dengan banyak tempat duduk – yang beberapa di antaranya berbentuk unik, yakni melingkar membentuk spiral. Ternyata, bentuk ini mengambil inspirasi dari motif salah satu Kerawang Gayo (busana adat suku Gayo), yaitu Kerawang Emun Beriring. Motif ini bermakna seiring sejalan bekerja sama membangun Tanah Gayo.

Bila ingin menelusuri keindahan Pantai Menye lebih jauh lagi, wisatawan bisa menyewa perahu cepat untuk mengitari danau. Harga sewa perahu ini sebesar Rp 20.000 per orang untuk waktu sewa 20 menit. Dari atas perahu, wisatawan dapat semakin merasakan betapa luasnya hamparan Danau Lut Tawar Gayo maupun melihat dari dekat pesona gunung-gunung di sekeliling danau ini.

Pantai Menye terletak di Kala Bintang, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah, atau sekitar 20 kilometer dari kota Takengon. Untuk mencapai Pantai Menye, wisatawan dapat mengambil arah ke Jalan Abdul Wahab dari pusat kota Takengon. Setelah berkendara dua kilometer di Jalan Abdul Wahab, belok ke arah kiri dan ikuti jalan sepanjang 17 kilometer. Kemudian, ambil jalan ke kanan sejauh 1,5 kilometer lalu belok kanan sejauh 350 meter. Pantai Menye dapat ditemukan di sisi kanan jalan. Tiket masuk ke Pantai Menye sendiri dipatok dengan harga Rp 10.000 dengan jam operasional setiap Sabtu-Kamis pukul 07:00-18:00.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here