Liburan ke London? Ini 7 Museum yang Tiket Masuknya Gratis

Banyak yang berujar kalau liburan di London membutuhkan bujet besar. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan mengunjungi sejumlah museum ikonik di kota ini, yang dapat dinikmati secara cuma-cuma.

Inilah tujuh museum terbaik di London yang bebas biaya masuk.

1. British Museum

Didirikan pada 1753, museum ini bermula dari kumpulan koleksi milik dokter dan ilmuwan, Sir Hans Sloane. Dua setengah abad kemudian, museum ini berkembang menjadi salah satu museum terbesar dan terpenting dalam sejarah dan budaya manusia, dengan total koleksi sekitar delapan juta benda yang berasal dari seluruh benua. British Museum buka setiap hari pukul 10:00 hingga 17:30 (Senin-Kamis, Sabtu-Minggu), 10:00 hingga 20:30 (Jumat).

Tip: Hindari keramaian dengan mengunjungi museum setelah dibuka atau kunjungi selepas pukul 17:30 di hari Jumat. Jangan mengunjungi museum saat hujan turun karena kerap menjadi “pelarian” banyak orang untuk berteduh. British Museum memiliki banyak koleksi sehingga Anda dapat mengunjunginya beberapa kali untuk menikmati semua karya, namun jika memiliki keterbatasan waktu, ikuti tur Around the World in 90 Minutes, yang tersedia tiap Jumat, Sabtu, dan Minggu dengan tiket 14 poundsterling.

2. Natural History Museum

Bangunan bergaya Romawi ini memamerkan 70 juta spesies dari lima koleksi utama, yaitu botani, entomologi, mineralogi, paleontologi, dan zoologi. Di sini juga terdapat kerangka dinosaurus sepanjang 32 meter di area Central Hall atau melihat langsung Archie, cumi-cumi raksasa sepanjang 8,62 meter yang diawetkan dan disimpan di sebuah tangki. Natural History Museum buka setiap hari pukul 10:00 hingga 17:50.

Tip: Datanglah di pagi hari, sesaat setelah museum dibuka dan pergilah ke area Dinosaurs di Blue Zone yang selalu ramai dikunjungi. Unduh aplikasi Natural History Museum (Apple Store dan Play Store) sebagai panduan menyusuri museum, yang dibekali informasi penting juga menyediakan fitur panduan audio yang akan memberi penjelasan mengenai koleksi yang dipamerkan.

3. Tate Modern

Merupakan galeri seni modern dan kontemporer yang merupakan bagian dari Tate Group, yang memamerkan koleksi seni dari periode 1900-an hingga masa kini. Tate Modern tak hanya menarik dari segi koleksi yang ditampilkan, tapi juga memiliki pemandangan menarik ke arah sungai, di mana pengunjung bisa bersantai di kafe galeri atau menjelajah area lain yang baru dibuka, yaitu Gedung Blavatnik. Tate Modern buka setiap hari pukul 10:00 hingga 18:00 (Minggu-Kamis) dan 10:00-22:00 (Jumat-Sabtu).

Tip: Seusai melihat-lihat koleksi di Tate Modern, pastikan untuk mengunjungi lantai sepuluh untuk menikmati panorama London dengan gedung-gedung pencakar langitnya, yang fotogenik untuk dibidik kamera. Rasakan juga pengalaman menaiki Tate Boat dari Tate Modern ke Tate Britain menyusuri Sungai Thames, dengan jadwal penyeberangan tiap 40 menit.

4. Science Museum 

Berdiri sejak 1857, Science Museum merupakan salah satu atraksi wisata populer di London yang dikunjungi sekitar 3,3 juta pengunjung tiap tahunnya. Keseruan mengunjungi museum ini terlihat dari layanan interaktif yang melibatkan peran pengunjung, termasuk menampilkan lebih dari 15.000 objek dan varian koleksi yang ditampilkan permanen, seperti pesawat Amy Johnson’s Gipsy Moth. Science Museum buka setiap hari pukul 10:00 hingga 18:00.

Tip: Bagi pengunjung pemegang London Pass, dapatkan potongan 10 persen di Science Museum Shop jika melakukan transaksi lebih dari 10 poundsterling. Untuk menghindari keramaian, kunjungi museum menjelang sore di hari biasa.

5. National Gallery 

Merupakan museum seni yang berada di Trafalgar Square yang menyimpan lebih dari 2.000 lukisan dari era Abad Pertengahan hingga abad ke-20. Bagi pengagum seni, National Gallery memberi kepuasan untuk melihat langsung karya-karya legendaris milik Leonardo da Vinci, Botticellli, Caravaggio, dan Van Gogh. National Gallery buka setiap hari pukul 10:00 hingga 18:00 (Minggu-Kamis, Sabtu), 10:00 hingga 21:00 (Jumat).

Tip: Untuk mengetahui lebih banyak mengenai National Gallery, pengunjung dapat mengunduh podcast National Gallery, yang dapat didengarkan saat menyusuri area museum.

6. National Maritime Museum

Disebut juga NMM, museum ini diakui sebagai museum maritim terbesar di dunia yang berlokasi di Park Row, Greenwich. Replika kapal-kapal besar milik Inggris yang tercatat melakoni perjalanan mengitari dunia dapat ditemui di sini. Lukisan dan mosaik tentang pelayaran di masa lalu juga menjadi atraksi menarik yang bisa dilihat pengunjung museum. National Maritime Museum buka setiap hari pukul 10:00 hingga 17:00.

Tip: Jika memiliki waktu lebih, kunjungi Royal Observatory yang berjarak tujuh menit jalan kaki untuk menikmati pemandangan London dari Greenwich Park.

7. Bank of England Museum

Sebelum menjadi museum, gedung ini merupakan kantor pusat Bank of England yang berada di Bartholomew Lane. Di sini, pengunjung dapat menemukan sejarah bank dan aktivitas perbankan Inggris, lengkap dengan layar-layar interaktif, desain koin dan uang kertas Inggris dari masa ke masa. Bank of England Museum buka Senin-Jumat pukul 10:00 hingga 17:00.

Tip: Bank of England menyediakan layanan pembicara yang akan menjelaskan mengenai sejarah, arsitektur, dan segala hal mengenai Bank of England, yang tersedia gratis dan perlu melakukan reservasi dari jauh-jauh hari

Teks: Priscilla Picauly