Mengintip Hewan-hewan Lucu di Lembang Park & Zoo

Ada keseruan baru lagi nih di Lembang! Kali ini hadir tempat wisata bergaya kebun binatang dengan nama Lembang Park & Zoo. Tempat wisata ini baru dibuka Desember kemarin dan sampai saat ini masih dalam tahap trial opening. Jangan khawatir, meski masih dalam tahap percobaan, fasilitas yang ditawarkan sudah cukup lengkap, kok!

Sesuai dengan namanya, atraksi utama dari Lembang Park & Zoo adalah binatang-binatang yang ada di dalamnya. Meski belum terlalu lengkap, Anda tetap dapat menemukan cukup banyak satwa di sini. Salah satu jenis satwa yang jumlahnya paling banyak adalah burung. Anda dapat berinteraksi dengan burung-burung ramah ini di sebuah sangkar raksasa bernama Bird Aviary. Di dalamnya ada banyak jenis burung kakatua, macaw, parkit, hingga Nuri Bayan. Anda juga berkesempatan untuk berfoto bersama burung-burung ini dengan latar belakang rumah-rumah kayu dan ranting pohon tempat mereka biasa bermain.

Bukan hanya burung-burung kecil yang ada di tempat ini. Ternyata, Lembang Park & Zoo juga punya koleksi burung-burung besar seperti burung unta, burung rhea, dan burung kasuari. Karena termasuk tipe burung yang tidak bisa terbang, mereka ditempatkan dalam kandang terbuka yang cukup luas untuk berlarian. Hati-hati, jangan sampai dipatuk karena berdiri terlalu dekat dengan mereka! Burung-burung ini bisa menjulurkan kepala melewati pagar yang memang dibangun cukup pendek ini.

Instagram @lembang_parkzoo

Di sisi lain taman, Anda dapat menemukan beberapa ekor beruang madu yang terlihat sedang bermain-main pada replika batang-batang kayu yang tersebar di dalam kandangnya. Ada pula siamang yang sibuk bergelantungan dari satu dahan pohon ke dahan lain, serta berang-berang yang nampak senang bermain dalam air. Jangan lupakan juga aksi lucu sepasang meerkat yang sibuk berlarian dan menggali-gali tanah di tempat tinggal mereka. Anda juga bisa melihat beberapa jenis ular dan reptil, seperti biawak yuwonoi, kadal monitor, dan soa layar (Hydrosaurus amboinensis) di sini.

Bagaimana dengan hewan-hewan besar, seperti harimau, singa, jerapah, orangutan, dan sebagainya? Sayangnya, saat ini Lembang Park & Zoo belum memiliki hewan-hewan tersebut. Tetapi mereka berencana untuk terus memperbanyak jenis hewan bila area taman dan kandang-kandang tempat penangkaran sudah siap. Salah satu tempat yang sedang disiapkan adalah The Monkey Island, yang nantinya akan menjadi tempat tinggal berbagai monyet dan kera. Bahkan rencananya akan ada tempat makan yang menghadap langsung ke kandang harimau benggala.

Instagram @nekocatcafe.id

Uniknya lagi, Lembang Park & Zoo juga memiliki cat cafe untuk para pecinta kucing. Di sini, Anda bisa bersantai sejenak sambil menyantap makanan enak dan bermain bersama kucing-kucing lucu. Ada banyak sekali kucing dengan beraneka ras di sini, mulai dari British Short Hair, Bengal, Himalaya, hingga Sphynx, Ditemani dengan aksi lucu kucing-kucing ini, Anda pasti puas berlama-lama di kafe ini. Hanya saja, untuk masuk ke tempat ini Anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

Selain melihat tingkah lucu hewan-hewan, Anda juga bisa mencoba beberapa permainan di Lembang Zoo & Park. Saat ini sudah ada wahana perahu air, area panahan, tempat naik kuda, dan masih banyak lagi. Setiap wahana dikenai biaya mulai Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Nantinya juga akan ada wahana water park kecil dengan semprotan air dan seluncuran yang saat ini masih dalam proses pembuatan.

Lembang Park & Zoo berada di Jalan Kolonel Masturi No. 171, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan mengikuti rute Jalan Pasteur – Jalan Sukajadi – Jalan Setiabudhi – Jalan Raya Lembang – Jalan Kolonel Masturi. Lembang Park & Zoo buka setiap hari pukul 09:00 hingga 17:00 untuk hari biasa dan pukul 08:00 hingga 18:00 untuk akhir pekan. Tiket masuk dijual dengan harga Rp 35.000 untuk hari biasa dan Rp 40.000 untuk akhir pekan. Harga tiket ini dapat berubah ketika masa trial opening berakhir.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here