Perubahan Tarif Paket Sunrise dan Sunset di Candi Borobudur

Sudah tahu tiket wisata sunrise dan sunset di Candi Borobudur di 2020 mengalami perubahan? PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) menerapkan tarif baru per 1 Januari 2020 yang berlaku bagi semua wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Kini, wisatawan domestik mesti membayar Rp 370.000 untuk menikmati sunrise atau sunset di Borobudur. Sedangkan pejalan asing dikenai tarif baru Rp 500.000 dari sebelumnya Rp 475.000.

Tiket pelajar dan anak pun turut mengalami kenaikan, yakni Rp 280.000 dan Rp 185.000 bagi pelajar dan anak (domestik), sedangkan bagi pelajar dan anak (mancanegara) naik menjadi Rp 400.000 dan Rp 250.000.

Kenaikan tarif ini disertai peningkatan fasilitas yang akan diterima pengunjung, seperti akses masuk spesial ke candi, suvenir, sarapan bagi yang ingin menikmati sunrise dan makan malam bagi pejalan yang ingin menikmati matahari terbenam. Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset merupakan program unggulan TWC yang mempertunjukkan keindahan candi Buddha yang dibangun sekitar abad kesembilan ini di awal dan akhir hari.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pengalaman melihat matahari pertama kali terbit, paket Borobudur Sunrise dimulai pukul 04:30 dengan titik kumpul di Lobi Manohara Hotel dan berjalan menuju Candi Borobudur hingga level sembilan. Sekitar pukul 05:30, partisipan tur dapat melihat sinar jingga yang dinanti itu tampil dramatis. Sedangkan untuk paket Borobudur Sunset, diharapkan sudah berkumpul di Lobi Manohara Hotel pukul 16:45 dan siap menyaksikan mentari terbenam sekitar pukul 18:00.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here