Hot Yoga, Ketika Peluh Mengucur Deras

Hot Yoga atau paduan gerakan yoga dan ruang sauna tengah naik daun karena dipercaya sebagai metode untuk pembakaran kalori yang efektif. Yoga jenis apa pun – namun biasanya pose-pose yang mengalir (vinyasa) – yang dilakukan di ruangan yang diberi penghangat antara 35 hingga 40 derajat Celsius dengan kelembaban mencapai 40 persen ini membuat keringat mengalir deras.

Vinyasa sendiri dalam bahasa Sanskerta berarti terhubung. Memadukan gerakan mengalir (bagai tarian) dan latihan pernafasan, contoh vinyasa yoga adalah rangkaian pose Sun Salutation, yaitu dengan urutan plank, chaturanga, dan upward facing dog.

Banyak Manfaat

Panas yang dihasilkan akan melenturkan otot-otot sehingga mengurangi risiko cedera. Sedangkan cermin yang ada di sekeliling ruangan membantu melatih kesadaran terhadap bentuk tubuh saat melakukan pose.

Hot Yoga juga merupakan latihan yang baik untuk kardiovaskular demi menguatkan otot-otot tubuh, serta meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan gerakan. Yoga pun dapat menyembuhkan nyeri sendi, luka otot maupun kekakuan pada sendi.

Setiap sesinya, Hot Yoga dapat membakar hingga 700 kalori sehingga membantu menurunkan berat. Keringat yang terus bercucuran merupakan proses detoksifikasi untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh. Jika berlatih secara teratur, Hot Yoga juga dapat menjaga kekebalan tubuh dengan meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, dan membantu tidur nyenyak di malam hari. Selain itu, detak jantung yang terpacu saat bersinergi dengan pose dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan stamina.

Saking populernya, hampir di setiap pusat kebugaran kini menawarkan kelas Hot Yoga. Berbeda dengan yoga konvensional yang sudah terkenal lebih dahulu, Hot Yoga memiliki studio yang dirancang khusus. Suasananya dibuat tenang bagai tempat meditasi dengan dinding kayu yang berhiaskan ornamen batu, agar setiap peserta memiliki fokus yang tinggi.

Minum Air Putih

Hot Yoga dapat dilakukan setidaknya tiga kali seminggu dengan berbagai tingkat kesulitan pose. Disarankan untuk terlebih dahulu meminum air putih sebanyak mungkin agar tidak dehidrasi. Penting untuk tidak datang ke latihan dalam keadaan lapar karena bisa membuat pusing, mual, dan lemah. Berhenti makan berat setidaknya tiga jam sebelum latihan. Menyantap apel, kacang almond, atau roti isi selai kacang 30-25 menit sebelum latihan dapat menjadi pilihan untuk menganjal perut.

Penasaran dengan Hot Yoga? Datanglah ke tempat-tempat berikut.

  • Sejumlah cabang Celebrity Fitness.
  • Bikram Yoga @42, Jl. New Delhi Pintu 1, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.
  • LifeChanging Studio, Ruko Garden House Blok A No. 28, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.
  • Union Yoga, Jl. Wijaya II No.73, RT.1/RW.5, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here