Jangan Kenakan 6 Hal Berikut di Pesawat

Tren fesyen yang sedang hangat-hangatnya di darat bisa jadi sangat berbeda dengan di udara. Selagi berada di ketinggian 35.000 kaki, jangan korbankan kenyamanan demi tren. Namun, jadikan baju-baju nyaman agar terlihat chic, terlebih setelah mendarat Anda harus langsung beraktivitas di tempat tujuan sebelum check-in di hotel untuk mandi dan berganti baju.

Belajarlah dari pengalaman Lady Gaga yang pada 2010 mengenakan boots armadillo (karena menyerupai tubuh armadillo yang melengkung di bagian depan kaki) karya Alexander McQueen pada sebuah penerbangan lintas Samudra Atlantik. Di pesawat, kakinya bengkak karena diduga mengalami deep vein thrombosis (DVT) yang disebabkan rendahnya tekanan di kabin, dehidrasi, kurang gerak, dan kursi yang sempit. Untuk menghindari pengalaman serupa, hindari:

  • Pakaian yang Terlalu Ketat

Baju yang ketat dapat menganggu kelancaran pembuluh darah, terlebih bila duduk di kursi kelas ekonomi yang sempit. Kenakan pakaian bermodel sederhana, longgar yang terbuat dari bahan yang dapat bernapas, dan kalau bisa, dari serat alami. Bahan katun dan linen adalah pilihan terbaik dan sebaliknya hindari nylon atau bahan kulit. Selain itu, jangan kenakan skinny jeans atau bahan apa pun yang akan meninggalkan bekas di kulit.

Untuk menghalau dinginnya AC pesawat, hindari jaket waterproof atau bahan karet. Baju untuk olahraga (activewear) yang mudah menyerap keringat dan berbahan ringan adalah pilihan terbaik untuk kenyamanan. Untuk model, hindari pakaian yang terlalu rumit untuk kenakan, seperti body suit atau gaun/rok lilit karena ada saatnya Anda harus ke toilet pesawat yang sempit, di mana pakaian bisa saja menyentuh lantai toilet yang penuh kuman. Jika ruang sempit itu menyusahkan Anda mengenakan kembali pakaian setelah buang air, mungkin pakaian tersebut jangan dikenakan untuk perjalanan naik pesawat.

  • Sepatu Hak Tinggi

Terlebih yang memiliki aksesori metal atau menggunakan model tali dan kancing yang butuh waktu untuk dibuka dan dikenakan lagi. Karena akan melewati beberapa kali pemeriksaan keamaan, terutama di perjalanan yang harus transit, pilih model sepatu nyaman yang mudah dibuka dan dikenakan lagi (model slip-on paling direkomendasikan), selain untuk berjalan cepat menuju ruang tunggu bila waktu Anda mepet untuk mengejar pesawat. Hindari juga boots karena biasanya oleh petugas keamanan akan diminta untuk dilepas dan Anda harus berjalan di lantai bandara yang kotor.

  • Menggunakan Parfum

Bau-bauan akan semakin kuat di ketinggian. Terlebih bila Anda duduk bersama orang lain di tempat yang terbatas, bau yang kuat akan meruak di udara dan bisa saja menganggu penumpang lain yang sensitif akan bebauan. Jika Anda ingin menggunakan parfum, gunakan saja di bandara setelah mendarat.

  • Lensa Kontak

Kabin pesawat sangatlah kering sehingga dengan mudah membuat orang dehidrasi, selain membuat kering kulit, saluran pernapasan, dan mata. Dengan demikian, menggunakan lensa kontak akan sangat menyiksa bila mata kering, sehingga disarankan untuk sebaiknya menggunakan kaca mata.

  • Baju dengan Tulisan Menyinggung

Walau pesawat merupakan tempat yang santai, di mana orang bebas mengenakan kaos, topi, dan bahkan sandal jepit, namun usahakan tidak mengenakan baju dengan tulisan yang menyinggung kelompok tertentu karena Anda tak pernah tahu akan satu pesawat dengan siapa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here