Selain Monas, Ini 3 Taman Kota Terfavorit di Jakarta

0
119

Taman-taman berikut menjadi penyejuk di tengah kebisingan dan udara yang dipenuhi polusi. Tak hanya berkat pohon-pohon penyedia oksigen, namun agar warga setempat bersedia menikmatinya, maka taman-taman berikut dilengkapi fasilitas permainan untuk anak-anak, peralatan olahraga, hingga koneksi Wi-Fi yang dapat dinikmati secara gratis. Ingin melepaskan penat bersama keluarga di akhir pekan tanpa harus ke mal? Bertolaklah ke berbagai taman berikut.

Taman Monumen Nasional (Monas)

Taman terluas di pusat kota Jakarta ini tak hanya terkenal dengan monumen peringatan di tengahnya, namun juga karena terdapatnya kolam air mancur menari dan patung Pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kudanya. Patung-patung lain yang dapat menjadi wisata edukasi anak antara lain patung RA Kartini, Chairil Anwar, Monumen Ikada, dan Mohammad Husni Thamrin. (Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat)

Taman Suropati

Dulu namanya Burgemeester Bisschopplein, yang diambil dari nama Walikota (Burgemeester) Batavia yang pertama, G.J. Bisshop. Tak hanya menyuguhkan pemandangan asri, namun taman ini juga memajang karya seni berupa enam patung yang menyimbolkan Spirit of ASEAN, sehingga kerap disebut juga Taman Persahabatan Seniman ASEAN. Selain tersedia jaringan Wi-Fi, Taman Suropati juga dilengkapi jogging track. Akhir pekan adalah saat terbaik untuk berkunjung karena tempat ini menjadi tempat berkumpul berbagai komunitas, seperti pecinta binatang, yoga, aerobik, penari, pesepeda, skateboard, hingga musisi yang saling menunjukkan kebolehan bermain musik. Anak-anak pun dapat memberi makan burung merpati yang dipelihara di sini. (Jalan Taman Suropati No. 7, Menteng, Jakarta Pusat)

Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

Merupakan kawasan konservasi hutan bakau yang dikelola sebuah perusahaan swasta, TWA tak hanya dihiasi hutan bakau, namun juga dihuni beragam satwa, mulai dari monyet, burung, hingga biawak air. Tersedia akses jalan setapak untuk berkeliling kawasan ini, selain dapat mengitari sungai hutan bakau dengan naik kapal yang disewakan. Jangan lupa untuk singgah di gardu pandang setinggi lebih dari lima meter yang akan menyuguhkan pemandangan hutan bakau dari ketinggian, yang seketika akan lupa sedang berada di Jakarta. Selain dijadikan tempat wisata, tempat ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi berfoto pranikah. (Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara)

Taman Langsat

Terletak di seberang Taman Ayodya, nama resminya adalah Taman Lansia. Namun karena berada di Jalan Langsat, masyarakat setempat kemudian menyebutnya Taman Langsat. Di taman ini, pengunjung dapat mengajak anak maupun hewan peliharaan untuk berjalan santai di jalur jogging sepanjang 800 meter yang dinaungi pepohonan rindang. Dihiasi sebuah danau buatan dengan taman teratai di tengahnya, anak-anak pun dapat puas bermain di udara terbuka dengan tersedianya ayunan dan papan meluncur. Pengunjung biasanya membawa alas duduk untuk piknik. Sedangkan bagi yang ingin berolahraga, di tempat in terdapat Active Zone yang dilengkapi perlengkapan olahraga layaknya di pusat-pusat kebugaran, walau jauh lebih sederhana. (Jalan Langsat No.1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here