Bertandang ke Kupang, Jangan Lupa Mampir ke Sini!

0
252

Merupakan ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang yang berada di Pulau Timor ini memang kalah pamor dari Flores dan Sumba untuk urusan pariwisata – untuk saat ini. Tinggal di negara kepulauan yang tidak kekurangan pulau-pulau eksotis untuk dijelajahi, kini saatnya merencanakan kunjungan ke Kupang, di mana sebagai kota yang sibuk, pilihan penerbangan pun lebih beragam di kawasan Nusa Tenggara Timur.

Teluk Kupang

Merupakan pelabuhan di pusat kota yang ramai dengan kapal-kapal nelayan, di sinilah pula persinggahan pertama kapal-kapal yang mengikuti Sail Indonesia setelah berangkat dari Darwin, Australia. Teluk Kupang juga merupakan lokasi dua pelabuhan terbesar di kota ini, yaitu Pelabuhan Tenaun (untuk kapal yang dioperasikan Pelni maupun perusahaan kargo/ekspedisi) dan Pelabuhan Bolok (untuk penyeberangan antarpulau). Dikelilingi desa nelayan yang menjual ikan-ikan segar di tepi jalan dengan harga terjangkau, dari Teluk Kupang dapat disaksikan kondisi kota yang gersang dan berbukit-bukit.

Kupang terhampar di atas daratan yang dulunya merupakan batu karang yang terendam laut. Mungkin hal inilah pula yang menjelaskan mengapa kota ini – dan juga keseluruhan Pulau Timor – jarang dapat ditanami. Beberapa pagar rumah warga pun tersusun dari tumpukan batu karang, selain bermunculan pengakuan warga yang pernah menemukan fosil kerang purba ketika mereka menggali dan menghancurkan karang untuk membuat fondasi rumah. Walau kawasan ini memiliki dua pelabuhan yang cukup sibuk, pantai-pantai di dekat kedua pelabuhan tersebut airnya tetap jernih. Dengan dikelilingi pasir putih, untuk dapat menikmati pantai-pantai indah, warga Kupang tak perlu melakukan perjalanan jauh.

Pantai Lasiana

Banyak tempat untuk menyaksikan panorama sunset di Kupang, salah satunya Pantai Lasiana yang dihiasi deretan pohon lontar yang menjulang, Menghadap Teluk Kupang dan hanya sekitar 10 kilometer dari pusat kota, pantai ini tak jauh dari bandara. Sepi di hari kerja dan ramai di akhir pekan, terutama menjelang senja, kondisi perairan yang tenang di sini pun dapat dimanfaatkan untuk bermain air bagi seluruh keluarga. Karena merupakan salah satu pantai terpopuler di Kupang, pantai ini telah dilengkapi fasilitas berupa toilet umum dan kedai penjaja makanan. Dari Bandara El Tari, tersedia angkot yang rutenya melewati Pantai Lasiana, selain tersedia juga tukang ojek yang siap menawarkan jasa untuk mengantar ke sini.

Gua Kristal

Berada dekat Pelabuhan Bolok, atau sekitar 20 kilometer dari pusat kota Kupang, gua ini dapat ditempuh selama 30-45 menit berkendara. Tempatnya tak jauh dari Kantor Polisi Air Bolok dan disarankan untuk berkunjung ke sini tak lewat dari pukul 14:00 agar dapat meyaksikan pantulan sinar matahari di permukaan kolam berair jernih. Karena sinar matahari inilah pula, air di gua bawah tanah ini berkilauan bagai kristal, sehingga kemudian gua ini dinamakan demikian. Selepas pukul 14:00, gua ini kembali gelap sehingga kurang nyaman untuk dikunjungi. Karena tersembunyi, tidak semua penduduk setempat mengetahui letaknya yang dikelilingi semak ini. Setelah menemukan gerbangnya, pengunjung harus menuruni tangga menuju kolam. Masyarakat setempat percaya bahwa mencuci muka di air gua ini dapat membuat yang bersangkutan kembali ke tempat yang sama.

Air Terjun Oenesu

Untuk menghindari cuaca terik Kupang, tak ada yang lebih menyegarkan selain berkunjung ke Desa Oenesu yang merupakan lokasi Air Terjun Oenesu. Berada sekitar 20 kilometer dari pusat kota, tak perlu berjalan jauh dari tempat parkir dan telah tersedia anak-anak tangga untuk menuju air terjun empat tingkat yang tersembunyi di tengah hamparan hutan rimbun ini. Di Kupang yang gersang, keberadaan hutan ini memang merupakan oasis kota. Di setiap tingkatan air terjun, terbentuk kolam alami yang menyediakan tempat bagi pengunjung untuk berendam di air yang sejuk. Di musim kemarau sekali pun, Air Terjun Oenesu tidak pernah kering, walau tentu saja debit airnya tidak sebanyak ketika musim hujan.

Pantai Tablolong

Berada di sebuah desa nelayan bernama sama di timur Kupang, pantai berpasir putih ini merupakan salah satu pantai terbaik di Pulau Timor dan terletak sekitar 25 kilometer dari pusat kota. Konon, terumbu karang di sekitar pantai ini masih dalam keadaan baik karena tidak tersentuh oleh penangkapan ikan menggunakan dinamit. Selain itu, letaknya yang berada di seberang Pulau Semau menyediakan suaka bagi ikan-ikan perairan dalam untuk berlindung. Hal inilah yang membuat Pantai Tablolong kaya akan ikan dan merupakan tempat ideal untuk memancing, dan bahkan pernah menjadi lokasi lomba memancing internasional. Operator selam pun kerap membawa para tamu mereka untuk menyelam di sekitar Pantai Tablolong yang pemandangan bawah airnya mirip akuarium, kemudian beristirahat dengan duduk-duduk di pantainya yang berpasir putih yang dinaungi pepohonan rindang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here