11 Akomodasi Terunik di Dunia

0
141

Banyak hotel berkonsep unik yang tersebar di seluruh dunia, yang bahkan tak jarang menjadi tujuan utama untuk mengunjungi suatu tempat. Berikut beberapa di antaranya.

Kakslauttanen Arctic Resort, Saariselkä, Finlandia
Tidur di Bawah Aurora Borealis

Terletak di Saariselkä, atau sekitar tiga jam berkendara dari Santa Claus Village di Rovaniemi, Kakslauttanen Arctic Resort memiliki akomodasi unik serupa iglo. Bedanya, “iglo” di resor ini berdinding kayu dan beratap kaca, sehingga para tamu dapat mengagumi keindahan langit yang sedang dihiasi aurora borealis tanpa harus keluar kamar dan kedinginan. Hanya tersedia setiap musim aurora borealis, yakni minggu ketiga Agustus hingga akhir April, resor ini juga dilengkapi smoke sauna terbesar di dunia, fasilitas ski dan snowboarding, restoran dengan galeri yang memajang berbagai pahatan es, serta kapel dari balok es bagi pasangan yang ingin melaksanakan pernikahan di sini.

Treehotel, Harads, Swedia
Rumah Pohon di Tengah Hutan

Hotel ini tergantung setinggi empat hingga enam meter di atas pohon. Konsep hotel ini terilhami film The Tree Lover karya Jonas Selberg Augustsen yang berkisah tentang persahabatan tiga pemuda yang ingin menyatu dengan alam dan kemudian membangun rumah pohon di tengah hutan. Berlokasi di Harads, di tengah hutan dengan pemandangan Sungai Lule yang cantik, Treehotel hanya memiliki enam kamar dengan penataan interior yang berbeda-beda. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Mirrorcube, di mana eksterior kamar ditutupi cermin sehingga tampak berkamuflase dan menyatu dengan lingkungannya. Berbentuk kubus, Mirrorcube didesain oleh arsitek Tham & Videgård dan hanya dapat diakses melalui jembatan, tali, dan tangga sehingga menambah sensasi petualangan bagi para tamu.

The Liberty Hotel, Boston, Amerika Serikat
Bermalam di Penjara

Liberty Hotel

Landmark Boston yang telah direnovasi ini berada di lereng Beacon Hill dengan akses mudah ke Charles River Esplanade yang merupakan pusat kegiatan warga setempat. The Liberty Hotel bertempat di bekas penjara yang sejak 1851 dan selama 120 tahun merupakan tempat para kriminal paling berbahaya dikurung. Pada 1973, penjara ditutup karena kondisinya sudah tidak layak dan para narapidana dipindahkan ke Suffolk. Transformasi situs penjara menjadi sebuah hotel melibatkan sekelompok perancang dan arsitek yang bekerja sama dengan ahli sejarah dan aktivis lingkungan. Walau bentuk penjaranya masih ada, aura elegannya tetap terpancar dan yang paling penting, para tamu mengaku nyaman dan tidak merasa takut. Mungkin karena ketika check-in, mereka langsung disuguhi segelas sampanye!

Dog Bark Park Inn, Idaho, Amerika Serikat
Hotel Berbentuk Anjing Beagle

Bangunan akomodasi ini berbentuk anjing Beagle setinggi sekitar sembilan meter dan terdiri tiga lantai, sehingga menjadikannya sebagai bangunan berbentuk anjing Beagle terbesar yang pernah ada. Dog Bark Park Inn dibangun oleh pasangan pematung Dennis Sullivan dan Frances Conklin. Memiliki empat kamar tidur dengan satu kamar utama yang dihiasi pernak-pernik bertema anjing, seperti patung, lukisan, foto di dinding dan meja, dan bahkan DVD film tentang anjing, lantai paling atas merupakan ruang keluarga pasangan pemilik, namun para tamu juga dapat menghabiskan waktu di sana sambil menikmati minuman panas. Dog Bark Park Inn juga memiliki toko suvenir yang menjual karya-karya pasangan Dennis Sullivan dan Frances Conklin, yang tentu saja semuanya bertema anjing.

Mara River Safari Lodge, Bali
Serasa di Afrika

Berada di lokasi yang sama dengan Bali Safari and Marine Park, Mara River Safari Lodge menawarkan kamar-kamar mewah bernuansa Afrika dengan balkon yang menghadap padang rumput tempat badak dan zebra berkeliaran. Restorannya merupakan rumah makan pertama di Asia yang bertema Afrika dengan dinding kaca untuk sarapan sambil mengamati kawanan singa dan meerkat. Terdiri lima tipe kamar, yang menjadi favorit pengunjung adalah Tandala dan Twiga Suite di lantai atas yang menawarkan panorama sekitar dari ketinggian. Harga menginap di sini termasuk tiket masuk taman safari untuk dapat sekaligus mengikuti safari malam, menonton pertunjukan tari tradisional, dan menikmati berbagai wahana seru di waterpark.

The Marmara Antalya, Antalya, Turki
Hotel Berputar

Terletak di puncak tebing Falez, The Marmara Antalya terdiri dua bangunan, yaitu gedung utama yang menampung 208 kamar, serta gedung yang lebih kecil dan merupakan hotel pertama di dunia yang dapat berputar 360 derajat untuk menampilkan pemandangan yang berbeda-beda setiap jam, mulai dari pegunungan Taurus hingga Laut Mediterania. Dinamai Revolving Loft, bangunan yang hanya terdiri 24 kamar ini berotasi sangat lambat, di mana satu putaran penuh membutuhkan hingga 22 jam, sehingga bisa saja seseorang tertidur menghadap kolam renang, namun keesokan paginya terbangun dengan panorama laut. Dikelilingi taman yang dipenuhi bunga liar, hotel ini juga memiliki pantai privat yang dapat diakses melalui terowongan bawah tanah.

La Balade des Gnomes, Durbuy, Belgia
Tidur di Negeri Dongeng

Eksterior hotel ini terinspirasi Perang Troya, perang terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah Yunani kuno. Berbentuk Kuda Troya atau kuda kayu raksasa yang digunakan pasukan Yunani untuk menaklukkan kota Troya, pintu harus diturunkan dulu bagi siapa pun yang ingin memasuki ke hotel. La Balade des Gnomes hanya memiliki 10 kamar yang ditata dengan tema kisah-kisah dongeng, baik dongeng klasik maupun legenda urban. Ada bajak laut, putri duyung, hingga penjelajah luar angkasa. Bersiaplah untuk menyelami pikiran rumit pengusaha hotel Dominique Noel, yang awalnya hanya berniat membuka restoran inovatif yang menyajikan masakan setempat dengan bahan-bahan organik, namun kemudan mengembangkan bisnisnya dengan membangun hotel ini di sebelah restoran tersebut.

Seaventures Dive Rift, Mabul, Sabah
Bermalam di Rig Pengeboran Minyak

Sebelum menjadi dive resort, Seaventures Dive Rig merupakan rig pengeboran minyak di tengah laut yang beroperasi sejak 1985, sebelum dipindahkan ke antara Mabul dan Sipadan pada 1997. Ketimbang terbengkalai, rig ini kemudian diubah menjadi resor menyelam yang terdiri 25 kamar mewah, dengan ruang film, ruang karaoke, bar, meja biliar, tenis meja, toko suvenir, hingga ruang pertemuan kecil. Memiliki lift yang dapat membawa penyelam langsung ke karang di bawah rig, dari sini para tamu yang mencandu aliran adrenalin juga dapat terjun dari ketinggian ke laut. Di sekitar rig dihuni barakuda, kerapu, cumi-cumi, lionfish, moray eel, pipe fish, dan nudibranch. Hiu paus pun sesekali melintas di perairan ini.

Crazy Bear, Beaconsfield, Inggris
Di Balik Bangunan Tua

Bermalam di Crazy Bear bagai berkunjung ke rumah seorang paman asal Italia yang flamboyan, eksentrik, gemar berpesta, dan tentu saja, bila ingin bertingkah seperti itu, seseorang haruslah kaya raya. Nampak biasa saja dari luar (kecuali gagang pintu kristal raksasanya), pemiliknya mengubah coaching inn abad 15 ini menjadi properti unik bagi yang menghargai selera mahal dengan sentuhan humor. Kamar-kamarnya yang superluas bertabur berlian, berlangit-langit emas, dan berlantai kulit dengan toilet dan bathtub berlapis tembaga, sementara jendelanya yang bertirai beludru menghadap Gereja Saint Mary & All Saints.

Hang Nga Guesthouse, Dalat, Vietnam
Bagai Negeri Dongeng

Berjuluk Crazy House, Hang Nga Guesthouse menempati bangunan yang mengingatkan akan rancangan Gaudi yang nyentrik dengan pintu, jendela, dan dinding yang bentuknya tak beraturan. Kamar-kamarnya yang bertema binatang pun dilengkapi pernak-pernik dan perabotan yang baik warna, bentuk, dan penempatannya tak serasi, selain terdapat banyak fitur aneh namun mengesankan, seperti atap rumah yang ditumbuhi pohon seperti dalam kisah Jack and the Beanstalk, serta pagar ranting bercat kulit jerapah. Sang arsitek, yang merupakan putri pemimpin komunis Trường Chinh, kerap terlihat mengobrol dengan para tamu yang penasaran dengan rancangannya.

V8 Hotel, Stuttgart, Jerman
Surga Pecinta Otomotif

Stuttgart adalah tempat dirakitnya mobil Mercedes-Benz dan Porsche, sehingga kamar-kamar di V8 Hotel didedikasikan bagi para pecinta otomotif. Sejumlah 34 kamar yang tersebar di empat lantai memiliki tema berbeda-beda, yaitu Racing, Workshop, Car Wash, Vision, Tuning, Nostalgia, Gas Station, Route 66, Drive-In Cinema, V8 Camp, serta satu kamar suite bertema Mercedes yang berlantai dua dan terdapat sebuah mobil Mercedes-Benz tua yang diubah menjadi ranjang. Memiliki dinding yang berhiaskan lukisan jenis-jenis Mercedes-Benz yang pernah berjaya di atas sirkuit, kamar ini juga dilengkapi balkon pribadi, layanan sauna, dapur, dan ruang tamu. V8 sendiri merupakan istilah untuk menyebut mesin berbentuk V dengan delapan silinder yang banyak digunakan mesin otomotif produksi Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here