Kapan Waktu Terbaik Membeli Tiket Pesawat?

Expedia Group dan Airlines Reporting Corporation (ARC) baru-baru ini merilis laporan 2019 Travel Outlook Pricing berdasarkan data lebih dari 295 juta perjalanan udara pada 2018 untuk menjelaskan gambaran perjalanan udara secara global, selain mengungkapkan hari-hari terbaik untuk memesan tiket pesawat kelas ekonomi maupun premium selama 2019.

Laporan ini juga menganalisis data akomodasi Expedia Group untuk mengungkap hari-hari terbaik untuk memesan hotel agar wisatawan dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam reservasi tiket pesawat maupun hotel.

Expedia Group dan ARC menemukan bahwa melakukan pemesanan perjalanan pada waktu yang tepat sangat penting untuk menghemat biaya perjalanan. Berikut beberapa panduan yang dapat dilakukan para pelancong dari Asia Pasifik sebelum membeli tiket.

  • Pesan tiket pesawat setidaknya tiga minggu sebelum perjalanan.
  • Pesan tiket pesawat pada hari Minggu (dengan pengecualian ke Selandia Baru di mana Selasa biasanya merupakan hari paling murah untuk memesan perjalanan udara).
  • Pesan hotel pada Jumat malam (dan hindari pemesanan pada hari Minggu).
  • Atur waktu keberangkatan penerbangan Anda untuk Kamis atau Jumat (kecuali Anda bepergian dari India atau Selandia Baru dengan kelas ekonomi).
  • Perpanjang rencana perjalanan singkat Anda di hari biasa dengan menginap pada Sabtu malam.

Memesan tiket pesawat ekonomi atau premium setidaknya tiga minggu sebelum tanggal perjalanan Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan penghematan biaya. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa para pelancong dari wilayah Asia Pasifik dapat memaksimalkan penghematan ketika memesan tiket di hari Minggu untuk keberangkatan Jumat, serta menghindari memesan tiket di hari Jumat dengan keberangkatan Minggu.

Negara Hari Terbaik untuk Memesan Tiket Hari Termahal untuk Memesan Tiket Hari Terbaik untuk Memulai Perjalanan Hari Termahal untuk Memulai Perjalanan
Australia Minggu Jumat Jumat Minggu
Hong Kong Minggu Jumat Jumat Minggu
India Minggu Jumat Rabu Sabtu
Jepang Minggu Jumat Jumat Minggu
Malaysia Minggu Jumat Jumat Sabtu
Selandia Baru Selasa Sabtu Selasa Sabtu
Singapura Minggu Kamis Kamis Minggu
Korea Selatan Minggu Jumat Jumat Minggu
Taiwan Minggu Jumat Jumat Minggu
Thailand Minggu Jumat Jumat Minggu

Untuk membantu wisatawan Asia Pasifik mendapatkan nilai lebih dari pemesanan penerbangan dan akomodasi mereka, laporan 2019 Travel Pricing Outlook juga membagikan kiat berikut untuk membantu para pelancong dalam proses pengambilan keputusan mereka.

  • Pertimbangkan penghematan pada total biaya perjalanan saat membeli paket perjalanan. Misalnya, menambahkan penerbangan ke pemesanan hotel yang ada dapat menghasilkan penghematan hotel.
  • Penerbangan langsung tak selalu lebih mahal daripada yang transit. Beberapa penerbangan langsung lebih murah karena rute yang baru ditambahkan, musim perjalanan rendah, atau perjalanan bisnis yang dominan selama akhir pekan.
  • Fluktuasi harga minyak tidak mempengaruhi ATP (Average ticket Price) dalam jangka pendek. Para pelancong tidak perlu menunda memesan perjalanan berdasarkan asumsi bahwa harga tiket pesawat akan segera naik akibat fluktuasi harga minyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here