Hong Kong Gencar Tarik Wisatawan Muslim

0
138

Selama 2018, Hong Kong Tourism Board (HKTB) telah aktif mempromosikan wisata muslim dan memperkenalkan sejumlah penawaran baru guna menarik pasar wisata halal. Mengawali tahun baru, HKTB telah meningkatkan strateginya, yakni tidak hanya mempromosikan pariwisata ke komunitas muslim sebagai target pasar, namun juga mengambil langkah nyata dengan mengedukasi para pemangku kepentingan tentang karakteristik wisatawan muslim, sehingga seluruh pihak sama-sama meningkatkan pelayanannya untuk wisatawan muslim.

Untuk memulai inisiatif ini, HKTB mengadakan Seminar Wisata Muslim (Muslim Travel Seminar) bagi rekan bisnis dan wisata Hong Kong untuk memahami kebutuhan wisatawan muslim pada umumnya. Sekitar 120 partisipan yang terdiri atas pemangku kepentingan Hong Kong dari berbagai industri dan asosiasi, seperti pakaian, pangan, pusat perbelanjaan, dan atraksi, berkumpul untuk mengetahui lebih lanjut mengenai industri muslim dan menyusun strategi pendekatannya. Dengan Raymond Chan selaku Direktur Regional Hong Kong Tourism Board untuk Asia Tenggara; Fazal Bahardeen selaku Pendiri dan CEO CrescentRating dan Halal Trip; dan Mufti Muhammad Arshad selaku Chief Imam Hong Kong sebagai para pembicara, seminar tersebut menggali informasi lebih dalam mengenai sertifikasi halal, karakteristik wisatawan muslim, dan potensi pasar wisata halal di Hong Kong.

“Kami sangat senang bisa berbagi informasi dengan rekan dagang dan pemangku kepentingan kami mengenai komunitas muslim. Dengan pemahaman yang lebih lanjut untuk kebutuhan wisatawan muslim, persiapan kami bisa lebih matang untuk melayani mereka. Hong Kong berharap dapat meningkatkan pengetahuan wisatawan akan adanya kuliner halal, fasilitas beribadah, dan berbagai fasilitas ramah muslim lainnya,” ujar Raymond Chan.

Sementara Fazal Bahardeen menyatakan, “Sungguh menggembirakan kini Hong Kong Tourism Board berinisiatif untuk mengedukasi seluruh pemangku kepentingan mengenai kesempatan yang ditawarkan oleh pasar wisata muslim. Mereka mengambil langkah tepat untuk menjadi destinasi wisata ramah muslim.”

Sebagai bagian dari inisiatif Hong Kong Tourism Board dengan mengikutsertakan komunitas muslim, HKTB telah bekerja sama dengan media online wisata muslim untuk menciptakan konten menarik yang menyoroti Hong Kong sebagai destinasi yang direkomendasikan untuk wisata muslim. HKTB juga telah meluncurkan bucket list ramah muslim yang mempersembahkan atraksi-atraksi yang patut dikunjungi, kuliner halal, dan fasilitas ramah muslim di Hong Kong, agar umat Islam dapat menjadikan Hong Kong sebagai destinasi pilihannya tahun ini.

Makanan Halal

Pengunjung dapat menikmati makanan khas Hong Kong di pilihan-pilihan restoran halal yang menyajikan beragam menu halal, seperti pastry di Chirsly Café yang terkenal dengan roti nanas (bo lo bao) dan egg tarts. Untuk para pecinta dim sum dapat mengunjungi Islamic Centre Canteen yang menyediakan beragam dim sum halal, seperti Siu Mai, Har Gow, Xiao Long Pao, ketan kukus bungkus daun lotus isi ayam, dan lainnya.

Fasilitas Ramah Muslim

Berbagai tempat rekreasi di Hong Kong juga telah meningkatkan fasilitasnya untuk umat muslim. Ocean Park Hong Kong baru-baru ini telah menerima sertifikat halal untuk salah satu restorannya, yakni Café Ocean yang menyajikan beragam hidangan khas Asia Tenggara.

Selain itu, Hong Kong Disneyland telah menawarkan beragam pilihan hidangan halal seperti di Main Street Market, Mystic Point’s Explorer’s Club Restaurant, dan Tahitian Terrace. Pilihan restoran tersebut menyajikan hidangan Korea, Jepang, dan bahkan hidangan dari Indonesia. Beberapa hotel di Hong Kong Disneyland juga telah menyediakan hidangan halal yang dapat dipesan sesuai permintaan. Setelah wisatawan muslim menikmati hidangan halal, mereka dapat beribadah di ruang ibadah khusus yang berlokasi tepat di sebelah Explorer’s Lodge.

Sementara di Ngong Ping yang terkenal dengan patung Buddha raksasanya, wisatawan muslim dapat menikmati makan di restoran bersertifikat halalnya, yaitu Ebeneezer’s Kebab and Pizzeria yang menyajikan beragam hidangan India dan Timur Tengah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penawaran-penawaran wisata halal dan ramah muslim, kunjungi laman berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here