Menyesatkan Diri di Insadong

0
242

Insadong merupakan lokasi populer bagi turis yang berlokasi di Distrik Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan. Jalan utamanya terhubung ke sejumlah gang yang berliku dan dengan mudah membuat pengunjung tersesat namun penuh kejutan menyenangkan. Berbagai atraksi menarik, mulai dari pertokoan unik hingga kafe dan restoran menawan dapat ditemukan di sini. Begitu pun puluhan galeri seni yang ramai dipadati penduduk lokal setiap akhir pekan.

Antara Seni dan Sejarah

Merupakan kawasan bersejarah, Insadong pernah menjadi pasar terbesar untuk karya seni dan barang antik di Korea yang beberapa di antaranya bahkan berasal dari Periode Tiga Kerajaan (57 SM- 668 M). Meski banyak kawasan lain yang juga menjual barang antik dengan skala yang lebih besar, Insadong masih bertahan, terutama di jalan utamanya yang bernama Insadong-gil.

Lebih dari seratus galeri seni saling berdekatan di sini, selain berbagai toko kerajinan tangan. Serunya lagi, di area tertentu, lukisan cat minyak, litografi, fotografi, dan berbagai karya seni yang sebagian besar merupakan karya seniman muda ini sengaja dipajang di halaman atau galeri bawah tanah. Banyak seniman di Insadong yang menikmati interaksi dengan pengunjung dan bahkan bersedia meluangkan waktu untuk menjelaskan karya seni mereka.

Di kawasan ini juga terdapat Alive Museum (12, Insadong-gil) yang memamerkan karya seni dengan paduan trik ilusi imajinatif dan seni media digital. Dengan tiket masuk seharga 12.000 won, pengunjung dapat menggunakan berbagai latar di sejumlah zonanya untuk berfoto sepuasnya bersama teman dan keluarga.

Wisata Belanja dan Kuliner

Penduduk Korea tak hanya mempertahankan daya tarik Insadong sebagai kawasan untuk berbelanja, namun juga sebagai representasi sejarah dan kebudayaan Korea melalui barang antik yang tersedia, mulai dari topeng khas Korea, hanji (kertas tradisional Korea), hanbok (pakaian tradisional), patung Buddha, boneka Korea, barang porselen, dan sejumlah suvenir lainnya. Insadong juga terkenal dengan berbagai kedai kopi serta restoran yang menyajikan hidangan Korea, seperti Jirisan Restaurant (30, Insadong 14-gil) dan Mingadaheon Tea House (Min’s Club) (23-9 Insadong 10-gil).

Dengan sejumlah kafe, galeri, dan pedagang kaki lima yang menjual jajanan tradisional, berjalan-jalan melalui Insadong merupakan hal yang pantang untuk dilewatkan jika sedang berada di Seoul, terutama di hari Minggu ketika jalanan ditutup dan dipenuhi pertunjukan budaya dan pemusik jalanan. Turis dan lokal akan membaur di dalam kerumunan di salah satu daerah paling atraktif dan kreatif di Seoul ini.

Akses: Naik subway dan turun di Stasiun Anguk (Line 3) lalu keluar melalui Exit 6 – atau turun di Stasiun Jonggak (Line 1) lalu keluar melalui Exit 3.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here